Citizen Reporter

Naikkan Pamor Produk Kulit Tanggulangin, Mahasiswa KKN Ubhara Kenalkan E-Commerce

Kelompok 19 mahasiswa KKN Universitas Bhayangkara Surabaya membuat ide bisnis pemasaran digital produk kulit Tanggulangin.

Editor: Musahadah
istimewa
Mahasiswa KKN Ubhara Surabaya tengah berbincang dengan pelaku UMKM Tanggulangin. Mereka membuat ide bisnis pemasaran digital produk kulit Tanggulangin. 

SURYA.CO.ID I SURABAYA – Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dikenal dengan kerajinan tas, koper, sepatu, jaket dan tepak dari kulit yang mutunya terkenal bagus. Namun, kondisi pemasaran produk berbasis kulit itu kini tidak kompetitif lagi.

Menyadari hal ini, kelompok 19 mahasiswa KKN Universitas Bhayangkara Surabaya membuat ide bisnis pemasaran digital produk kulit Tanggulangin.

Sebagai langkah awal, mereka menyosialisasikan hal itu dengan mengundang pelaku UMKM Desa Kedensari, Tanggulangin pada Sabtu (28/5/2022).

Hadir dalam sosialisasi ini dosen pembimbing lapangan (DPL) Ismail, SSos MSi yang menjelaskan pentingnya peran penting media saat ini.

“Peran media massa ini sangat penting, agar masyarakat Kedensari khususnya UMKM basis kulit tahu bahwa kerajinan kulit Tanggulangin masih ada, juga memberikan informasi yang meluas pada masyarakat serta memperkenalkan sistem belanja elektronik yang akan menambah omzet penjualan” ungkap Ismail yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Surabaya.

Baca juga: Ubah Sampah Organik Jadi Kompos dengan Takakura ala Mahasiswa KKN Ubhara

Fatkhudin, Ketua RT 3 Kedensari mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya penjualan produk kulit para perajin yakni, berkurangnya minat masyarakat terhadap produk kulit, kurangnya bahan baku, akses langsung ke pasar luar negeri serta kurangnya pegawai.

Selain itu juga kecanggihan mesin dan kurang pemasaran produk melalui digital.

Acara sosialisasi yang digelar mahasiswa KKN Ubhara kepada pelaku UMKM produk kulit Tanggulangin. Dosen pembimbing lapangan, Ismail, S.Sos.,M.Si menjelaskan pentingnya peran penting media saat ini.
Acara sosialisasi yang digelar mahasiswa KKN Ubhara kepada pelaku UMKM produk kulit Tanggulangin. Dosen pembimbing lapangan, Ismail, S.Sos.,M.Si menjelaskan pentingnya peran penting media saat ini. (istimewa)

"Perajin tas kulit di sini sebagian besar hanya menerima pesanan dari sejumlah toko saja, tidak menjual hasilnya sendiri. Kalau ada pesanan ya kita buat, kalau tidak ya tidak" ujar Fatkhudin.

Dari permasalahan tersebut, kelompok 19 mahasiswa KKN Ubhara mendampingi UMKM berbasis kulit mengenai e-commerce. Mereka membuatkan akun e-commerce yang bisa digunakan oleh para perajin.

“Kami melakukan pendaftaran di akun Shopee untuk UMKM basis kulit. Karena Shopee diminati dan dipakai oleh banyak orang,” tutur I Gede Chandra, wakil ketua kelompok 19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved