Berita Surabaya

Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Unusa Surabaya Ajak Ibu Hamil Yoga dan Cek Kesehatan Bayi

dosen dan mahasiswa Prodi D3 dan S1 Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gelar kegiatan pemeriksaan ibu hamil

Penulis: Zainal Arif | Editor: irwan sy
zainal arif/surya.co.id
Saat Dosen dan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang tergabung dalam Program Studi (Prodi) D3 dan S1 Kebidanan melakukan sejumlah kegiatan seperti pemeriksaan ibu hamil, senam yoga ibu hamil dan pijat bayi di Kampus A Unusa, Kamis (30/6/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan dosen dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang tergabung dalam Program Studi (Prodi) D3 dan S1 Kebidanan melakukan kegiatan pemeriksaan ibu hamil, senam yoga ibu hamil dan pijat bayi.

Sebanyak 18 ibu hamil dan 30 anak bayi hari ini berkesempatan mendapatkan layanan tersebut di Kampus A Unusa, Kamis (30/6/2022).

Kaprodi S1 Kebidanan Unusa, Nanik Handayani SKepNs MKes, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para dosen dan mahasiswa Prodi Kebidanan Unusa terhadap ibu dan bayi dilingkungan sekitar.

"Kami lakukan senam yoga ibu hamil ini karena sangat bermanfaat jika dilakukan selama kehamilan. Berlatih senam hamil pada masa kehamilan dapat membantu melatih pernafasan dan membuat ibu hamil merasa rileks sehingga memudahkan adaptasi ibu terhadap perubahan tubuh selama kehamilan," ungkapnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Wilayah Jawa Timur ini menambahkan, selama hamil seorang wanita mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya, termasuk kenaikan berat badan.

Akibatnya, rasa lelah sering kali datang disertai nyeri punggung sehingga membuat malas bergerak. 

Padahal, melakukan aktivitas fisik selama kehamilan dapat membantu proses persalinan.

"Ada beberapa gerakan senam ibu hamil untuk memperlancar persalinan. Latihan selama kehamilan, atau yang lebih dikenal dengan senam yoga hamil ini memiliki banyak manfaat, di antaranya mengurangi nyeri punggung, meningkatkan energi, serta menguatkan kekuatan dan stamina," ungkapnya.

Sementara untuk wanita yang sedang hamil, Nanik merekomendasikan untuk melakukan 30 menit latihan fisik tingkat sedang yang dapat dilakukan hampir setiap hari sejak awal kehamilan. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved