Cacar Monyet

Apa Itu Cacar Monyet? 3.200 Orang Tertular dan 1 Meninggal, Penularan dari Hubungan Sesama Jenis

Monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus langka dari hewan, yakni monyet.

Editor: Iksan Fauzi
Freepik by wirestock
Ilustrasi apa itu cacar monyet? 3.200 orang tertular dan 1 meninggal dunia. Salah satu medium penularan cacar monyet ini bisa melalui hubungan sesama jenis, khususnya pria. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus langka dari hewan, yakni monyet.

Salah satu penularan cacar monyet kepada manusia bisa melalui hubungan sesama jenis, khususnya pria.

Dalam enam pekan terakhir, World Healtd Organization (WHO) melaporkan sekitar 3.200 kasus cacar monyet dengan satu kematian.

Kementerin Kesehatan telah mengeluarkan imbauan terkait virus cacar monyet yang juga tengah menjadi perhatian dunia.

Virus tersebut telah menyebar ke beberapa negara non endemik seperti Amerika Serikat, Australia, dan beberapa wilayah di Eropa.

Kepala Divisi Penyakit Infeksi dan Tropis Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Dr Dominicus Husada dr DTM&H MCTM(TP) SpA(K) mengungkapkan penyakit cacar monyet memiliki banyak kemiripan dengan saudaranya yaitu cacar pada manusia.

Tanda utamanya adalah terdapat bintik berisi nanah atau cairan di banyak tempat pada tubuh, terutama anggota gerak.

“Jika tidak muncul bintik, kecurigaan ke arah cacar monyet praktis rendah. Berbeda dengan cacar manusia yang selalu meninggalkan bekas atau menyebabkan kematian, cacar monyet relatif ringan. Jarang sekali yang memberat atau membuat kematian,” paparnya saat diwawancarai SURYA.co.id pada 31 Mei 2022.

Kepala Divisi Penyakit Infeksi dan Tropis Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Dr Dominicus Husada dr DTM&H MCTM(TP) SpA(K)
Kepala Divisi Penyakit Infeksi dan Tropis Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Dr Dominicus Husada dr DTM&H MCTM(TP) SpA(K) (Foto Istimewa)

Terkait penularan, Dominicus menjelaskan bahwa kontak erat antar manusia menjadi medium penularan virus.

Cairan yang mengandung virus masuk ke tubuh melalui kulit yang terluka, mata, mulut, atau saluran pernapasan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved