BIODATA Komjen Anang Rivandoko, Dankorbrimob yang Naik Pangkat: Pernah Kirim 6 Polwan Buru KKB Papua

Inilah profil dan biodata Anang Revandoko, Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) yang baru saja naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga.

Editor: Musahadah
istimewa
Komjen Anang Rivandoko, Komandan Korps Brimob yang baru saja naik pangkat jadi jenderal bintang tiga. Berikut profil dan biodatanya. 

SURYA.CO.ID - Inilah profil dan biodata Anang Revandoko, Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) yang baru saja naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga. 

Upacara pengukuhan kenaikan pangkat dari Irjen Anang Revandoko menjadi Komjen Anang Revandoko berlangsung di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jumat (10/6/2022) dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kenaikan pangkat Komandan Brimob ini berdasarkan peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI pada 7 April 2022.

"Korbrimob pada hari ini akan diresmikan dan dikukuhkan oleh bapak Kapolri, organisasi Brimob yang sebelumnya dipimpin oleh pati bintang dua, sore hari ini secara resmi akan dipimpin oleh pati bintang tiga," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mako Brimob, Depok, Jumat (10/6/2022).

Dalam beleid itu, pada bagian lampiran perpres dituliskan bahwa jabatan Dankorbrimob diisi oleh pangkat Komjen.

Baca juga: Demi Rp 2 Juta Khianati Negara, Sosok Praka AKG Penjual Amunisi ke KKB Papua Terkuak, Ini Nasibnya

Dalam lampiran yang sama dituliskan bahwa jabatan Dankorbrimob setara dengan eselon IA.

Dedi menambahkan bahwa nantinya jabatan Wadankorbrimob juga akan diisi dengan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua.

Ia menyebutkan, Presiden juga sudah merestui penambahan sejumlah jabatan struktutal lain di organisasi tersebut.

"Nanti Wadankornya pati bintang 2, kemudian Danpas-danpasnya dan juga jabatan-jabatan pati lainnya dalam rangka untuk penguatan organisasi Brimob," ucap dia.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan penguatan organisasi Brimob ini dilakukan karena Brimob berperan penting menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Oleh karenanya bapak presiden merasa perlu untuk Korbrimob dipimpin oleh pati bintang tiga," tegas dia.

Ketua Indonesia Police Watch, IPW, Sugeng Teguh Santoso berpandangan peningkatan status Brimob menjadi Korps yang kini dipimpin Jenderal Bintang 3 berkaitan dengan pengamanan sejumlah proyek strategis nasional, termasuk proyek Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Namun IPW mengingatkan, pengembangan Korps Brimob perlu diimbangi dengan peningkatan penghormatan atas standar Hak Asasi Manusia.

Biodata Komjen Anang Revandoko

Irjen Anang Revandoko, Jenderal dari Brimob yang Tugaskan 6 Polwan Ikut Buru KKB Papua. Profil dan biodatanya ada di artikel ini
Irjen Anang Revandoko, Jenderal dari Brimob yang Tugaskan 6 Polwan Ikut Buru KKB Papua. Profil dan biodatanya ada di artikel ini (Youtube Humas Korps Brimob Polri)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved