Mama Muda Surabaya Bagikan Cara Atasi Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget Melalui Peran Orangtua

Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Rahadian Bagus
Mama muda asal Surabaya sekaligus anggota dari @jasonmilesgamafu, Sherly Lembono. 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

Banyak penelitian menyebut, bahwa dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Disisi lain, sejak pandemi Covid-19, anak semakin banyak yang kecanduan handphone. Pasalnya, selain tuntutan sekolah online, akitivitas anak juga terbatas.

Lantas bagaimana cara mengurangi kecanduan gadget dan tayangan online pada anak?

Sherly Lembono, mama muda asal kota Surabaya menuturkan, memang tidak mudah merubah kebiasaan si anak dalam waktu singkat.

Pemilik akun @sherlylembono ini mengatakan, agar anak tidak berontak saat melepas ponsel, maka dibutuhkan kerjasama dan komitmen dari kedua orangtua.

"Orang tua harus berkomitmen untuk tidak memberikan gagdet dan tayangan," tuturnya, Senin (16/5/22).

Jika sudah berkomitmen, langkah selanjutnya, kata dia, terkait dengan menemani dan mendapingi anak dengan memberikan aktivitas yang cukup untuk mengalihkan perhatian ke anak. Itu bisa dilakukan dengn mengajak si anak beraktifitas diluar rumah.

"Orangtua juga tidak bermain gagdet dan nonton tayangan online didepan anak. Usahakan main gagdet dan nonton tayangan online setelah anak tidur," tegas mama muda kelahiran Surabaya, 14 oktober 1994 ini.

Mama dari @jasonmilesgamafu ini melanjutkan, mengganti kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi cara agar anak tidak kecanduan gadget. Semisal, mengganti posisi tempat duduk untuk mengalihkan perhatian.

Halaman
12
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved