Berita Kota Mojokerto

Ada ASN Mudik Pakai Kendaraan Dinas, Pemkot Mojokerto Sudah Siapkan Sanksi

”Jadi tidak ada larangan mudik namun ASN tidak boleh menggunakan kendaraan dinas," jelas Gaguk, Minggu (24/4/2022)

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Deddy Humana
surya/mohammad romadoni
Sekretaris Daerah Kota Mojokerto (Sekdakot) Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Larangan memakai fasilitas negara untuk keperluan pribadi, seperti untuk perjalanan mudik, juga ditegaskan oleh Pemkot Mojokerto. Bahkan Pemkot Mojokerto sudah menyiapkan sanksi kepada para ASN yang tetap memanfaatkan kendaraan dinas pelat merah untuk keperluan mudik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah.

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto (Sekdakot) Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, sesuai surat edaran Pemkot Mojokerto, seluruh ASN dilarang menggunakan mobil dinas (mobdin) untuk keperluan mudik Lebaran maupun liburan.

Sebelumnya, pihaknya menerima Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokarsi (Menpan-RB) 13/2022 tentang cuti pegawai ASN Hari Libur Nasional dan cuti bersama hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

”Jadi tidak ada larangan mudik namun ASN tidak boleh menggunakan kendaraan dinas," jelas Gaguk, Minggu (24/4/2022).

Gaguk menjelaskan, kendaraan dinas agar diparkir di halaman masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga kendaraan dinas siaga apabila ada keperluan mendesak untuk kepentingan dinas.

”Pada prinsipnya kita melarang (mobdin) digunakan mudik tetapi boleh jika ada kepentingan dinas," ungkapnya.

Menurut Gaguk, pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas terhadap ASN yang melanggar jika kedapatan menggunakan Mobdin untuk keperluan mudik maupun liburan. Tetapi belum disebutkan apa bentuk sanksi kalau ada ASN yang melanggarnya.

"Saya berharap ASN patuh dan tidak ada pelanggaran karena tahun ini diperbolehkan mudik ditengah pandemi Covid-19," pungkasnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved