Mudik Lebaran 2022

Jelang Mudik Lebaran 2022, Forpimda Kota Blitar Cek Pos Pengamanan di Stasiun dan Terminal

Dari hasil pengecekan, petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkot Blitar sudah stand by di sejumlah pos pengamanan mulai hari ini.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Wali Kota Blitar, Santoso bersama Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono dan Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono saat cek pos pengamanan mudik di Stasiun Blitar, Sabtu (23/4/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Pejabat Forpimda Kota Blitar mengecek persiapan di sejumlah pos pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2022 menjelang arus mudik Lebaran di Kota Blitar, Sabtu (23/4/2022).

Dari hasil pengecekan, petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkot Blitar sudah stand by di sejumlah pos pengamanan mulai hari ini.

Pengecekan sejumlah pos pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2022 itu diikuti Wali Kota Blitar, Santoso; Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono; Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono; dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkot Blitar.

Rombongan Wali Kota bersama Kapolres dan Dandim kali pertama melakukan pengecekan pos pengamanan di Terminal Tipe A Patria Blitar.

Mereka melihat bangunan baru di terminal yang akan dioperasionalkan untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Baca juga: Klarifikasi Pria Beratribut Ojol yang Paksa Warga Terima Paket di Surabaya : Korban Orderan Fiktif

Setelah dari terminal, rombongan bergeser mengecek pos pengamanan di Stasiun Blitar. Wali Kota bersama Kapolres dan Dandim sempat masuk ke Stasiun melihat kedatangan penumpang kereta api.

Terakhir, rombongan pejabat Forpimda Kota Blitar mengecek pos pelayanan di Alun-alun Kota Blitar.

"Hari ini kami sinergi dengan TNI dan Polri memantau persiapan pengamanan mudik Lebaran 2022. Kemarin sudah diawali gelar pasukan dan sekarang cek pos pengamanan dan melihat perkembangan pemudik," kata Wali Kota Blitar, Santoso.

Baca juga: Jelang Lebaran 2022, Dua Pengusaha di Kabupaten Gresik Ini Beri Santunan untuk 500 Anak Yatim

Santoso mengatakan dari hasil pantauan di Terminal, Stasiun, dan Alun-alun, kondisi pemudik di Kota Blitar masih sepi.

"Hasil pantauan di terminal masih sepi, di stasiun kondisinya sama dan hasil pantau CCTV di beberapa titik di pos pelayanan Alun-alun juga belum ada peningkatan kendaraan," ujarnya.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengatakan pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Semeru dibagi menjadi tiga tahap.

Tiga tahap pengamanan tersebut, yaitu, menjelang perayaan Lebaran, hari H perayaan Lebaran, dan pasca perayaan Lebaran.

Baca juga: Ribuan Santri Ponpes Sunan Drajat Kabupaten Lamongan Mudik Lebaran 2022, Dibagi 4 Gelombang

"Pada tahap menjelang ini kami mengantisipasi orang belanja dan tempat wisata. Minggu-minggu ini pasti ada peningkatan orang belanja apalagi saat akhir pekan," katanya.

Dikatakannya, meski Operasi Ketupat Semeru baru dimulai pada 28 April 2022, Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar mulai melakukan peningkatan pengamanan di sejumlah pos hari ini.

"Kegiatan lain yang kami lakukan menjelang perayaan Lebaran yaitu percepatan vaksin booster. Sebab, anjuran dari pemerintah pusat capai vaksin booster di wilayah minimal harus sudah 30 persen sebelum Lebaran. Data terakhir, capai kami sudah 25 persen," ujarnya.

BACA UPDATE SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved