Wawancara Eksklusif

Kepala Dinas ESDM Jatim Nur Kholis : Tahun Ini Pengadaan Motor Listrik

Tahun 2023 akan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas bermotor listrik berbasis baterai

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Titis Jati Permata
SURYA.co.id
Pemred Tribun Jatim Network Tri Mulyono melakukan wawancara eksklusif dengan Kepala Dinas ESDM Jatim, Nur Kholis, Senin (11/4/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim siap mendukung kebijakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor induksi.

Menurut Kepala Dinas ESDM Jatim Nur Kholis gerakan itu akan dimulai dari internal. "Di perubahan anggaran keuangan tahun ini insya Allah pelan tapi pasti kami akan melakukan pengadaan untuk motor listrik," kata Nus Kholis menjawab pertanyaan Pemred Tribun Jatim Network/Wapemred Harian Surya Tri Mulyono di Studio Tribun Jatim Network, Senin (11/4/2022).

Selengkapnya simak kelanjutan wawancara eksklusif berikut ini:

Salah satu fokus agenda Indonesia dalam Presidensi G20 adalah transisi energi yang berkelanjutan. Terkait itu Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Kompor Induksi di Jawa Timur. Bagaimana dukungan Dinas ESDM untuk menjalankan kebijakan tersebut?

Tentunya ini kebijakan gubernur harus kita dukung sepenuhnya, dan kita tahu beliau sangat konsen dan sudah promosi di mana-mana bahkan setiap beliau event selalu naik motor listrik.

Beliau telah memberikan imbauan pada OPD dan masyarakat luas agar mulai menggunakan kendaraan berbasis listrik baterai.

Nah gerakan itu juga akan kita mulai dari internal kami. Di perubahan anggaran keuangan tahun ini insya Allah pelan tapi pasti kami akan melakukan pengadaan untuk motor listrik.

Dan alhamdulillah di beberapa daerah seperti di Sumenep masyarakat juga sudah mulai melakukan belanja motor listrik.

Memang harga relatif lebih mahal namun keuntungan bagi lingkungan lebih besar dan itu sangat penting.

Dan Ibu Gubernur, di mana beliau kan Ketua Bidang Energi Transisi Asosiasi Daerah Penghasil Migas, beliau sejauh ini sangat baik dalam memberikan contoh bagi daerah lain.

Selain itu, kami Dinas ESDM Provinsi Jatim telah berkoordinasi dan mengirimkan SE Gubernur Jawa Timur tersebut kepada pemerintah kabupaten/kota, asosiasi pengelola perhimpunan pemilik dan penghuni satuan rumah susun/apartemen/perhotelan/real estate/restoran di Jawa Timur dan dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor induksi.

Sosialisasi akan dihadiri oleh pemkab/pemkot dan instansi terkait se Jawa Timur termasuk PT PLN (Persero).

Diharapkan pemkab/pemkot se Jawa Timur untuk mengalokasikan anggaran kendaran dinas KBLBB pada tahun 2023.

Sebagai percontohan bagi organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur maka Dinas ESDM pada tahun 2023 akan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas bermotor listrik berbasis baterai

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved