Travel

15 Persen Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, PT KAI Daop 7 Madiun : Bisa Dibeli H-45

Sampai dengan 31 Maret, KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April

tribun jatim/fikri firmansyah
Foto Ilustrasi, penumpang kereta api 

SURYA.CO.ID, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat ini KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket kereta api (KA) Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Namun Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, mengatakan Daop 7 Madiun sendiri memprogramkan perjalanan KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun sebanyak 4 KA Jarak Jauh per hari.

"Kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 2.812 tempat duduk KA Jarak Jauh," kata Ixfan, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Bertemu Kades Se-Banyuwangi, Wamendes Budi Arie Setiadi Ingatkan Empat Prioritas Desa

Hal tersebut menyesuaikan aturan dari pemerintah, yaitu kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen.

Sampai dengan 31 Maret, KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

Kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta pp, dan lainnya.

Baca juga: Wali Kota Blitar Santoso Resmikan Program Internet Gratis di Tiap RT dan RW

Sedang untuk tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Ixfan.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan tujuan pelayanan penjualan tiket yang dimulai sejak H-45 adalah untuk memberi ruang masyarakat agar bisa merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api.

Untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, KAI juga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah.

"Momen Angkutan Lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan," tutup Ixfan.

BACA BERITA MADIUN LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved