Berita Malang

3 Arca yang Ditemukan di Candi Srigading Lawang-Malang, Akan Direstorasi

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memastikan penemuan arca di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Rudy Hartono
dok BPCB Jatim
tangkapan layar penemuan arca di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. 

SURYA.co.id|MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memastikan penemuan arca di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang berjumlah 3 buah.

Arca tersebut diantaranya Arca Nandiswara, Arca Agastya dan Arca Mahakala. Kesemua arca tersebut kental dengan filosofi ajaran Hindu.

Arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan, seluruh arca tersebut akan dibawa kantor BPCB Jawa Timur untuk dilakukan pemugaran atau restorasi.

"Kami menemukan 3 buah arca. Arca-arca tersebut saat ini dibawa ke kantor kami untuk dilakukan restorasi atau diperbaiki. Karena keseluruhan arca-arca tersebut pada beberapa bagian dalam kondisi pecah di beberapa bagian," papar Wicaksono ketika dikonfirmasi pada Senin (28/2/2022).

Usai restorasi rampung dilakukan, Wicaksono menjelaskan pihaknya akan mempertimbangkan ekskavasi Candi Srigading tahap 3.

"Direncanakan begitu, sedang di koordinasikan kembali," papar Wicaksono.

Wicaksono menceritakan pada ekskavasi tahap kedua timnya menemukan banyak petunjuk terkait napak tilas Candi Srigading. Temuan sejarah tersebut dipastikan berasal dari Kerajaan Mataram Kuno

Secara kelengkapan, bagian bangunan Candi Srigading sudah nampak mencapai 75 persen.

Profil kaki candi dipastikan berukuran 8x8 meter dan pondasi sebesar 10x10 meter.

Penampakan sisi timur Candi Srigading juga telah diungkap oleh para arkeolog BPCB. Pada bagian tersebut, terdapat sebuah tangga yang menghadap ke Timur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved