Kanker

Fakta Kanker Payudara, Kenali Gejala dan 5 Titik Penyebarannya

kanker payudara terjadi ketika sel-sel di dalam payudara mengalami perubahan, sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali

Editor: Suyanto
shutterstock by 9nong
Ilustrasi kanker payudara 

SURYA.co.id I Kanker payudara menjadi momok bagi kaum hawa di tanah air. Pada stadium yang lanjut, kanker ini akan semakin sulit diatasi karena bisa menyebar ke sejumlah organ tubu vital.

Yuk mengenali gejala dan penyebarannya, seperti dalam artikel Waspada Kanker Payudara Bisa Menyebar di 5 Bagian Tubuh Ini, yang dipublikasikan laman halodoc.com. Artikel ditinjau oleh dr Fadhli Rizal Makarim, 28 Januari 2022.

Dijelaskan, kanker payudara terjadi ketika sel-sel di dalam payudara mengalami perubahan, sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali. Kanker payudara dapat terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara (duktus), jaringan lemak, atau jaringan ikat dalam payudara.

Pengobatan dan perawatan perlu dilakukan untuk mencegah perburukan penyakit ini. Kanker payudara yang memasuki stadium lanjut atau stadium IV dapat memicu penyebaran sel kanker pada bagian tubuh lain. Simak faktanya tentang kanker payudara di sini, yuk!

Penyebaran Kanker Payudara

Penyebaran (metastasis) kanker payudara bisa terjadi melalui beberapa cara, yaitu melalui aliran darah, getah bening, atau pun secara langsung. Untuk mendiagnosis penyebaran ini, dokter akan memperhatikan ukuran benjolan, adanya keterlibatan kelenjar getah bening, dan adanya penyebaran pada organ lain. Patokan tersebut akan digunakan untuk menentukan stadium kanker yang dibagi menjadi stadium awal (I) – stadium akhir (IV).

Berikut adalah potensi penyebaran kanker payudara pada organ tubuh lain yang perlu diwaspadai:

1. Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan, di dalam payudara, dan di dekat tulang selangka adalah area yang biasanya pertama kali terkena penyebaran kanker payudara. Penyebaran ini bisa terjadi sejak kanker payudara berada di stadium IB. Pada stadium ini, beberapa sel kanker, mungkin dalam jumlah kecil sudah masuk ke dalam kelenjar getah bening. Gejala yang ditimbulkan antara lain adanya benjolan pada ketiak atau area tulang selangka.

2. Tulang

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved