Berita Kampus Surabaya

Kembali Juara Umum, 5 Robot ITS Berjaya di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin mengokohkan dominasi di bidang robotika dengan kembali menyabet predikat Juara Umum KRI 2021.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
Foto:dok its
Rektor ITS, Mochamad Ashari MEng saat menerima penghargaan juara umum KRI 2021 dari Rektor UGM, Panut Mulyono. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin mengokohkan dominasi di bidang robotika.

ITS kembali menyabet predikat Juara Umum di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021.

Tak tanggung-tanggung, posisi ITS sebagai Juara Umum di KRI ini merupakan kali keempat berturut-turut dipertahankan sejak tahun 2018.

Bertempat di Universitas Gadjah Mada (UGM), Benyamin Kusumoputro selaku Ketua Dewan Juri mengumumkan bahwa tim robotika ITS berhasil menyabet 10 predikat kemenangan dalam KRI 2021

Kesepuluh kemenangan tersebut diraih oleh lima tim unggulan robotika ITS, yakni Tim RIOT, Tim IRIS, Tim ICHIRO, Tim Vi-Ros, dan Tim Rival ITS. 

Pada kontes robot berskala nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, tim robotika ITS berlaga dalam lima divisi perlombaan.

Divisi pertama adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang berlangsung lebih dulu tanggal 29 September - 1 Oktober 2021 lalu.

Pada divisi ini, tim robotika ITS diwakili oleh Tim RIOT.

Tak tanggung-tanggung, Tim RIOT telah mengawali prestasi dengan berhasil menempati podium Juara 1 nasional.

Tim RIOT dari ITS berhak mewakili Indonesia bertarung di ajang internasional ABU Robocon 2021 pada 12 Desember 2021 mendatang, secara virtual di Jimo, China.

Seolah kurang puas dengan predikat yang didapat, Tim RIOT juga menyabet gelar robot Desain Terbaik sekaligus dinobatkan sebagai robot dengan Strategi Terbaik.

Melalui prestasi tersebut, Tim RIOT ITS berhak membawa pulang Piala Sambawana, yakni piala bergilir yang diserahkan kepada pemenang KRAI.

Penyerahan Piala Sambawana ini dilakukan oleh dewan juri yang juga didampingi perwakilan Kemendikbudristek, sebagai simbol bahwa Tim RIOT ITS sangat layak untuk mewakili Indonesia di ajang ABU Robocon tersebut. 

Diharapkan, Tim RIOT ITS dapat mengharumkan nama bangsa, terutama ITS melalui unjuk diri di kancah internasional.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved