Breaking News:

Berita Nganjuk

Tingkatkan Pengelolaan Barang Milik Daerah, BPKAD Maksimalkan Aplikasi Simaset Terintegrasi

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nganjuk berupaya tingkatkan pengelolaan barang milik daerah.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Parmin
Foto: humas pemkab nganjuk untuk surya.co.id
Rapat sosialisasi aplikasi Simaset dalam upaya peningkatan pengelolaan barang milik daerah yang digelar BPKAD Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nganjuk berupaya tingkatkan pengelolaan barang milik daerah.

Hal itu sekaligus dalam rangka menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan.

Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Nganjuk, Samsul Hadi menjelaskan, untuk tujuan tersebut diperlukan adanya kesamaan persepsi dan langkah secara integral dan menyeluruh dari unsur yang terkait dalam pengelolaan barang milik daerah.

Terlebih saat ini semuanya serba berbasis teknologi sehingga diperlukan sosialisasi dan pengenalan Sistem Informasi Manajemen Pendataan Aset (Simaset).

"Simaset tersebut sudah terintegrasi dalam rangka melaksanakan tertib administrasi pengelolaan dan pendataan barang," kata Samsul Hadi, kemarin.

Dijelaskan Samsul Hadi, Simaset sendiri berfungsi untuk melakukan pencatatan mengenai pengadaan, pengesahan, penggunaan, perawatan, status, serta kondisi aset.

Dimana aset-aset yang dimiliki oleh suatu Instansi dapat dipantau tentang keberadaan, nilai, perpindahan dan kondisinya.

Dan tujuan lain kegiatan sosialisasi, ungkap Samsul Hadi, juga untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan pemahaman mengenai peraturan Permendagri No 19/2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Dimana Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) telah ditetapkan didalam sistem yang sementara hanya pengadaan dan pemanfaatan.

Sedangkan untuk pemanfaatan, pemindah tanganan barang milik daerah dan penghapusan masih belum diterapkan didalam sistem.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved