Breaking News:

BLT BPJS Ketenagakerjaan

BLT BPJS Ketenagakerjaan BCA Sudah Cair dan Diterima 2,3 Juta Pengguna, Ini 5 Langkah Pengecekannya

Pemilik rekening BCA dan bank swasta lainnya patut senang lantaran BLT BPJS Ketenagakerjaan yang ditunggu akhirnya cair dan telah diterima oleh 2,3 ju

kompas.com/Nurwaidah
BLT BPJS Ketenagakerjaan BCA Sudah Cair dan Diterima 2,3 Juta Pengguna, Ini 5 Langkah Pengecekannya 

SURYA.CO.ID - Pemilik rekening BCA dan bank swasta lainnya patut senang lantaran BLT BPJS Ketenagakerjaan yang ditunggu akhirnya cair dan telah diterima oleh 2,3 juta pekerja.

Hal itu sesuai dengan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Total, ada 4.611.816 pekerja atau buruh yang telah menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

2,3 juta di antaranya, merupakan pemilik rekening BCA dan bank swasta yang telah disalurkan melalui rekening kolektif oleh Himbara.

Baca juga: 758.327 Pekerja Gagal Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan, Berikut Penyebab dan Cara Cek Status Terbaru

Pada September ini, penyaluran subsidi upah melalui skema pembukaan rekening baru secara kolektif (burekol).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, penyaluran BSU melalui skema burekol diperuntukkan bagi penerima subsidi upah tahun 2021 yang belum memiliki rekening pada Bank Himbara.

Proses aktivasi rekening baru dilakukan di perusahaan, sementara pihak bank penyalur mendatangi masing-masing perusahaan untuk melakukan aktivasi rekening baru tersebut.

Dengan demikian, para pekerja/buruh yang telah ditetapkan menerima subsidi upah tidak perlu lagi datang ke bank penyalur untuk melakukan aktivasi rekening secara mandiri.

“Jadi kami harapkan aktivasi rekening baru ini tidak menyebabkan penumpukan orang di bank. Hal ini sebagai bentuk ketaatan kita menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ida.

Anggota Biro Humas Kemnaker Rintoko mengatakan, tidak hanya pemilik rekening Himbara, pekerja/buruh yang dibuatkan rekening kolektif juga dapat mengecek status calon penerima BSU.

"Bisa dicek di situs bsu.kemnaker.go.id. Nanti di profil ada pemberitahuannya," ujar Rintoko saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Testimoni Pekerja yang Sudah Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk Himbara, BCA dan Bank Swasta

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved