Breaking News:

TNI AD Diminta Amankan Pembangunan Jalan dari Teror KKB Papua, ini Respon Jenderal Andika Perkasa

TNI AD telah diminta untuk melakukan pengamanan pembangunan jalan dari teror KKB Papua. Berikut respon Jenderal Andika Perkasa.

Youtube TNI AD
Jenderal Andika Perkasa saat menerima pemaparan tentang rencana pengamanan pembangunan jalan di Papua. 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - TNI AD telah diminta oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pengamanan pembangunan jalan dari teror KKB Papua.

Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD) Jenderal Andika Perkasa pun merespon positif rencana tersebut.

Melansir dari tayangan di channel youtube TNI AD, Jenderal Andika Perkasa menerima pemaparan dari Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Bangun Nawoko tentang rencana pembanguanan akses jalan dari Banti menuju Aroanop, Kabupaten Mimika, Papua.

Pembangunan jalan sepanjang 10 kilometer ini merupakan proyek lanjutan yang sempat terhenti di tahun 2017 karena alasan keamanan di wilayah tersebut.      

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Utus Mayjen Ignatius Yogo Amankan Pembangunan Jalan dari Gangguan KKB Papua

“Latar belakang pembangunan jalan Banti-Aroanop ini diawali dengan pada tahun 2017 bahwa jalan ini sudah dikerjakan oleh Pemda Kabupaten Mimika namun demikian terhenti karena masalah keamanan.

Kemudian di 2020-2021 ini atas permintaan Bupati Timika melalui Pangdam dan kementerian PUPR untuk permohonan bantuan, agar pembangunan ini dilanjutkan.” ujar Danrem 174/ATW.     

Aroanop merupakan wilayah di Kabupaten Mimika, Papua yang aksesnya masih cukup terisolir.

Wilayah Aroanop sendiri hanya bisa dicapai dengan akses udara menggunakan helikopter ataupun akses darat, dengan berjalan kaki melewati perbukitan.      

“Kemudian disana juga sangat sulit untuk transportasi hanya bisa menggunakan helikopter. Helikopter ini pun sulit karena memang cuaca sering berganti dan hampir setiap hari terjadi hujan,” jelas Danrem 174/ATW.     

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved