Breaking News:

Sambang Kampung Simulyo Baru Surabaya

Satgas Serba Guna Tetap Semangat Rawat Kampung hingga Budidaya Lele dan Ikan Gabus meski Tak Digaji

Tak hanya merawat sayuran, Satgas Serba Guna Kampung Simomulyo Baru kini mulai melakukan budidaya ikan lele dan ikan gabus.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
surya.co.id/zainal arif
Satgas Serba Guna merawat ikan lele dan ikan gabus di kolam buatan di kawasan RT 9 RW 3 Kampung Sayur, Kelurahan Simomulyo Baru Surabaya, Senin (13/9/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Sejumlah Warga Kampung Sayur, Kelurahan Simomulyo Baru Surabaya menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membentuk Satgas Serba Guna.

Satgas beranggotakan 12 orang ini bekerja merawat berbagai macam tanaman mulai dari pembibitan hingga panen.

Mereka bekerja setiap hari dengan membagi jadwal. Hal itu dikarenakan seluruh anggota Satgas Serba Guna memiliki pekerjaan yang harus diutamakan.

Pembina Satgas Serba Guna, Nyoman Kusuma mengaku melakukan koordinasi dan evaluasi setiap hari Jumat dengan berkumpul.

"Kami membagi tugas, untuk penyiraman dilakukan setiap sore dilakukan 3-4 orang. Apabila seperti pembibitan, penyemprotan pestisida hingga membahas ide untuk memajukan kampung dilakukan secara bersama," ungkapnya.

Sebelumnya, Satgas ini bernama Satgas Covid-19 yang bertugas untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19  dengan mengajak warga untuk disiplin prokes di kampung.

Namun, seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Surabaya dan sejak kampung ini fokus menanam sayur. 

Satgas kemudian berubah menjadi Satgas Serba Guna yang mana tugasnya untuk merawat segala sesuatu di kampung termasuk tanaman sayur.

Bahkan Nyoman mendedikasikan gajinya sebagai seorang RT untuk keberlangsungan kegiatan Satgas Serba Guna ini.

"Saya ikhlas, gaji RT saya yang hanya 1 juta itu untuk konsumsi satgas dan biaya operasional kampung. Hanya itu yang bisa saya berikan, saya tidak bisa mengaji mereka," ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved