Breaking News:

Sosok Dalang dan Penyandang Dana Aksi KKB Papua yang Tewaskan 2 Orang di Yahukimo ternyata Pejabat

Inilah sosok dalang sekaligus penyandang dana aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menewaskan dua warga di Yahukimo, Papua beberapa waktu lalu

Editor: Musahadah
istimewa
Dua korban pembantaian KKB Papua di Yahukimo. Terbaru, dalang dan penyandang dana aksi KKB Papua tertangkap. Dia adalah seorang kepala distrik. 

SURYA.CO.ID, JAYAPURA - Inilah sosok dalang sekaligus penyandang dana aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menewaskan dua warga di Yahukimo, Papua beberapa waktu lalu.

Dia adalah EB (inisial), kepala Distrik Wusama yang setara camat jika di daerah lain. 

Seperti diketahui, ada istilah yang berbeda dalam menyebut suatu wilayah di Papua.

Jika sebagian besar pemerintahan daerah di Indonesia memiliki tingkatan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, rukun warga, sampai rukun tetangga, di Papua ada istilah distrik.

Distrik adalah sebutan untuk kecamatan di Papua.

Distrik dipimpin oleh kepala distrik atau setingkat camat.

Dalam kasus ini, EB yang menjadi Kepala Distrik Wusama sengaja mengundang KKB Papua pimpinan Tenius Gwijangge untuk melakukan rentetan aksi pembunuhan, pembakaran serta penembakan terhadap warga sipil dan aparat keamanan.

Di kasus ini Satgas Nemangkawi menangkap 8 orang termasuk Kepala Distrik Wusama berinisial EB, di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada Jumat (27/8/2021).

Setelah diperiksa, 4 orang ditetapkan jadi tersangka terkait KKB di daerah ini.

"EB yang merupakan Kepala Distrik Wusama berperan sebagai otak dan penyandang dana untuk aktivitas KKB," ungkap Kepala Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakum) Nemangkawi Kombes Pol Faizal Ramadhani. 

Baca juga: Kondisi Terkini Iptu Anton Setelah Dihujani Peluru KKB Papua, Masih Trauma dan Terbayang-bayang

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved