Breaking News:

TIPS SEHAT

Air Kelapa Banyak Diburu, Ini Fakta Khasiat dan Cara Meminumnya

Setiap satu cangkir atau setara 240 mililiter air kelapa mengandung 43,6 kalori, 10,4 gram gula, 43,6 natrium, vitamin B kompleks, vitamin C.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
newsnation.in
Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan, penawar keracunan, diare, dan sakit perut 

SURYA.co.id I Air kelapa untuk penawar racun sudah lama dikenal di masyarakat. Apakah manfaat air kelapa benar efektif untuk menetralisir efek keracunan makanan atau hanya sekadar sugesti saja?

Dikutip dari artikel Hellosehat.com berjudul "Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Mengobati Keracunan Makanan?", dijelaskan air kelapa memang punya khasiat cukup baik untuk meredakan efek keracunan makanan, dengan catatan takaran konsumsinya tepat.

Kandungan air kelapa

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu cangkir atau setara dengan 240 mililiter air kelapa mengandung 43,6 kalori, 10,4 gram gula, 43,6 natrium, vitamin B kompleks, vitamin C, dan sejumlah elektrolit penting bagi tubuh seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Seorang ahli gizi Therese Bonnani, R.D mengungkapkan bahwa air kelapa mengandung elektrolit yang cukup banyak dibandingkan jus buah dan minuman olahraga pada umumnya.

Benarkah manfaat air kelapa bisa mengatasi keracunan makanan?

Diare yang muncul akibat efek keracunan makanan dapat menyebabkan dehidrasi parah jika tidak cepat-cepat ditangani.

Minum air putih memang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, tapi air putih saja kadang tidak cukup untuk mengembalikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Nah, air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak daripada air putih sehingga dapat mempercepat pemulihan diarenya.

Selain itu, berbagai kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam saluran pencernaan makanan Anda akibat keracunan makanan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved