Breaking News:

Mendaki Gunung Argopuro, Rindu Trek Terpanjang Menuju Dua Puncak

Gunung Argopuro berada di antara dua gunung populer, Gunung Semeru dan Gunung Raung ini memiliki trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Cak Sur
Istimewa/Dokumen Pribadi
Pendaki Silvi Rahmadanti saat berada di Danay Taman Hidup. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gunung Argopuro merupakan bagian dari Pegunungan Hyang (Suaka Marga Satwa Dataran Tinggi Hyang) yang dikenal sebagai gunung dengan trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Gunung yang berada di antara dua gunung populer, Gunung Semeru dan Gunung Raung ini memiliki trek sepanjang 40 kilometer. Estimasi pendakian Gunung Argopuro membutuh waktu sekitar 3-5 hari.

Pendakian Gunung Argopuro memiliki jalur yang menantang dengan keindahan yang tidak diragukan lagi. Melewati kebun warga, hutan edelwis, hutan hujan, hutan lumut menyimpan pesona alam yang memukau.

Dalam virtual tour @ayoketamannasional oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Ditjen KSDAE KLHK, Plt Kepala Balai Besar KSDA Jatim, Asep Sugiharta mengatakan ada banyak keindahan yang menjadi favorite para pendaki maupun pecinta alam di Gunung Argopuro.

“Suaka Marga Satwa Dataran Tinggi Hyang terkenal dengan Puncak Argopuro dan Puncak Rengganis, yang memiliki trek terpanjang di Jawa Timur,” kata Asep Sugiharta melalui virtual tour beberapa waktu lalu.

Gunung dengan titik tertinggi 3.088 mdpl, lanjut Asep, memiliki daya tarik lain yaitu keindahan landscape savana, hutan edelwis, hutan hujan dan danau taman hidup.

“Suaka Marga Satwa Dataran Tinggi Hyang ini sudah cukup tua. Sejak tahun 1962, luasnya 14.177 hektare,” ujarnya.

Gunung ini berada di lima kabupaten yakni Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang dan Probolinggo.

Ada jalur populer mengawali pendakian Gunung Argopuro yaitu Desa Bremi, Kecamatan Krecil, Kabupaten Probolinggo. Namun idaman para pendaki yaitu di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Hal itu karena beberapa alasan. Pertama, trek dari Pos Baderan lebih landai dan panjang dibanding Bremi. Selain itu, mendaki dari Pos Baderan dinilai lebih banyak bonus dibanding melalui Bremi yang curam namun lebih dekat menuju puncak.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved