Breaking News:

KKB Papua

Warga Berseragam Militer Papua Nugini Dukung KKB Papua, Mereka Menenteng Senjata Api, Videonya Viral

Sebuah video viral sekelompok warga berseragam militer Papua Nugini menyatakan dukungan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Editor: Iksan Fauzi
pixabay
ILUSTRASI senjata api. Video viral sekelompok warga berseragam militer Papua Nugini sambil menenteng senjata api mendukung KKB Papua. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Sebuah video viral sekelompok warga berseragam militer Papua Nugini menyatakan dukungan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Tak hanya itu, mereka juga terlihat menenteng senjata api yang mengklaim dari Provinsi East Sepik. Namun, pihak militer Papua Nugini membantah, bahwa mereka anggota angkatan daratnya. 

Terkait viralnya video tersebut, pemerintah Indonesia dan Papua Nugini melakukan investigasi. Pihak pemerintah Papua Nugini menyebut, sekelompok warga itu telah melakukan makar.  

Pemerintah Papua Nugini khawatir ada potensi ancaman keamanan dari kelompok tersebut.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Papua Nugini Soroi Eoe MP mengatakan, pernyataan sekelompok masyarakat Papua Nugini dalam video itu merupakan tindakan kriminal.

Baca juga: Keberhasilan Kopassus Tembak Mati 2 KKB Papua Anak Buah Lekagak Telenggen, Lesmin Waker & Ajudannya

Selain itu, Panglima Angkatan Bersenjata Papua Nugini Mayor Jenderal Gilbert Toropo menegaskan, pernyataan kelompok tersebut tidak mewakili masyarakat atau angkatan bersenjata Papua Nugini.

Toropo bahkan menyatakan tindakan kelompok tersebut dapat dikategorikan sebagai makar, karena mengklaim membentuk pasukan bersenjata di luar Angkatan Bersenjata Papua Nugini.

Ia mengatakan, pemerintah Papua Nugini akan melakukan penindakan hukum terhadap para pihak yang terlibat dalam video tersebut.

Pemerintah Papua Nugini pun telah menugaskan pejabat dan aparat berwenang untuk melakukan investigasi di wilayan East Sepik.

Tanggapan pemerintah Indonesia

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved