Breaking News:

Berita Kediri

Modus Penyelundupan Sabu ke Lapas Kediri Terbongkar, Berawal Pembesuk Membawa Botol Sampo

Kalapas Kediri, Asih Widodo dalam penjelasannya menyebutkan, BP diduga mencoba menyelundupkan narkotika ke dalam lapas

surya/didik mashudi
Barang bukti yang narkotika jenis sabu yang ditemukan di dalam botol sampo yang dibawa pembesuk tahanan Lapas Kediri, Senin (3/5/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Petugas keamanan Lapas Kediri mengamankan BP, seorang pembesuk yang menitipkan botol sampo berisi kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu, Senin (3/5/2021). Saat ini warga Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri itu telah diserahkan kepada penyidik Satresnarkoba Polres Kediri Kota.

Kalapas Kediri, Asih Widodo dalam penjelasannya menyebutkan, BP diduga mencoba menyelundupkan narkotika ke dalam lapas. Kronologi terungkapnya percobaan penyelundupan narkotika bermula dari kedatangan pelaku ke Lapas Kediri.

Kedatangan BP bertujuan membesuk dan menitipkan makanan kepada seorang penghuni lapas atas nama AS. "Saat dilakukan pemeriksaan barang secara manual, petugas mendapati sebuah sampo warna hijau. Petugas curiga karena seperti ada benda asing di dalam botol itu," tutur Asih.

Selanjutnya petugas berkoordinasi kepada petugas X-ray untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemindaian X-ray, didapati benda asing di dalam botol sampo.

Petugas kemudian melaporkan temuan tersebut kepada Kalapas yang memerintahkan untuk membuka botol sampo itu. Ternyata ada benda yang diisolasi warna hitam, yang isinya berupa kristal putih.

Petugas pun memeriksa serbuk kristal yang tersimpan 5 plastik klip dan diduga adalah sabu. Masing-masing klip berisi 0,76 gram, 0,66 gram, 0,65 gram, 0,85 gram dan 0,82 gram dengan total berat 3,73 gram.

Atas temuan itu, kami menghubungi Kasatresnarkoba. Selanjutnya barang temuan diserahterimakan ke polisi, berikut pengunjung BP untuk pemeriksaan lebih lanjut," tambah Asih.

Asih juga menjelaskan, menyusul temuan narkotika yang diselundupkan ke dalam lapas itu, telah melakukan brifing dengan petugas penjaga. Petugas diminta selalu meningkatkan kewaspadaan dan memastikan keamanan dalam keadaan kondusif.

Kasus percobaan penyelundupan narkotika telah dilaporkan kepada Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur dan Kadivpas Kemenkumham Jawa Timur. *****

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved