Breaking News:

Berita Ponorogo

DPRD Ponorogo Setujui Ranwal RPJMD, Bupati Sugiri Mampatkan Misi Dari 9 Poin Jadi 4 Poin

Sugiri memastikan adanya reformulasi tersebut tidak mengubah substansi dari visi misi Nawa Darma Nyata.

tribun jatim/sofyan arif candra
Rapat Paripurna pengambilan keputusan dan penandatanganan nota kesepakatan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, Kamis (15/4/2021) malam. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko telah melakukan reformulasi misi dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Ponorogo tahun 2021-2026.

Semula, misi Sugiri Sancoko yang terangkum dalam Nawa Darma Nyata terdiri dari 9 (sembilan) poin.

Namun hasil reformulasi, misi tersebut dimampatkan menjadi 4 (empat) poin saja.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto menilai reformulasi misi Sugiri tidak menyalahi aturan.

"Di Perpres ada, Pemerintah Provinsi Jatim juga melakukan hal serupa. Saya rasa ini bukan mengurangi visi misi tapi mengelompokkan menjadi 4 berdasarkan tupoksi," kata Sunarto saat ditemui usai rapat Paripurna pengambilan keputusan dan penandatanganan nota kesepakatan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, Kamis (15/4/2021) malam.

Menurut Sunarto, hal yang lebih penting adalah tidak mengurangi substansi dari visi misi yang sudah dijanjikan selama Pilkada 2020 lalu.

Baca juga: Merambah ke Rambut, Tren Warna Smokey Tak Hanya untuk Mata

Baca juga: Nasi Kabsah Ala Surabaya Suites Hotel, Si Hijau Khas Timur Tengah yang Kaya Rempah Andalan

Baca juga: Senin 19 April 2021, Pelajar Tingkat SD dan SMP di Kabupaten Gresik Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Hal tersebut, lanjutnya sesuai dengan amanat Pasal 40 ayat (1) dan (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017.amanat Pasal 40 ayat (1) dan (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017.

"Ranwal RPJMD sudah sesuai visi misi, bahkan ada yang belum masuk visi misi tapi sudah terakomodir di RPJMD," kata politisi Partai NasDem ini.

Walaupun memang ada beberapa saran dan masukan hasil rapat panitia khusuh (Pansus) yang tidak boleh dikesampingkan oleh Sugiri Sancoko.

"Satu dua hari ini administrasi (penyusunan Ranwal RPJMD) bisa selesai dan dikirimkan ke gubernur. Setelah ini baru akan diuji publik di Musrenbang RPJMD. Jadi ini masih awal," tandas Sunarto.

Sementara itu, Sugiri memastikan adanya reformulasi tersebut tidak mengubah substansi dari visi misi Nawa Darma Nyata.

Misi tersebut dimampatkan agar dapat diselaraskan dalam indikator kinerja OPD dan dijabarkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Ponorogo.

"Reformulasi ini dilakukan agar sesuai dengan indikator kinerja utama (IKU) yang harus akuntabel, bisa dibagi habis di setiap satuan kerja, dan langsung bisa dijalankan," kata Sugiri.

BACA BERITA PONOROGO LAINNYA

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved