Breaking News:

Berita Surabaya

Sosok Dwi Handayani : Jaga Kesehatan Melalui Langkah Cerdik

Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Dwi Handayani
Dosen Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Dwi Handayani SKM MEpid 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Di tengah cuaca ekstrim saat bulan ramadan, diperlukannya upaya ekstra untuk menjaga kesehatan seperti, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dosen Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Dwi Handayani SKM MEpid memiliki tips untuk menjaga kesehatan dengan cara Cerdik.

"Cerdik merupakan gabungan enam langkah jitu menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrim seperti saat ini,"ujarnya.

Enam langkah tersebut yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Langkah cerdik ini dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan selama cuaca ekstrim di bulan ramadan.

Langkah cerdik yang pertama adalah cek kesehatan secara berkala, ini sangat penting dilakukan masyarakat.

"Jangan hanya datang ke pelayanan kesehatan jika sudah sakit, tapi pengecekan kesehatan secara berkala ini sangat penting, terlebih yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan penyakit kronis lainnya," jelas Dwi.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Bagi-bagi Masker di Pasar Tradisional Sidayu Gresik

Baca juga: Pembukaan 8 Taman Tarik Antusiasme Pengunjung, Pemkot Surabaya Lakukan Evaluasi Berkala

Baca juga: Wali Kota Pasuruan Gus Ipul Keluarkan SK Darurat Siklon Tropis 94W, Berlaku 8 Hari

Mengawali bulan Ramadan, masyarakat yang memiliki riwayat penyakit dapat mengecek kesehatan dan konsultasi pada dokter untuk mengatur pola minum obat dan pola diet yang tepat selama bulan puasa.

"Sedangkan bagi yang tidak memiliki gangguan kesehatan, dapat melakukan cek kesehatan sederhana seperti cek berat badan, lingkar perut, tekanan darah," ungkap Dwi.

Lalu langkah kedua, menghilangkan asap rokok, momentum bulan puasa menjadikan seorang perokok bisa memanfaatkan untuk mengurangi menghisap rokoknya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved