Breaking News:

Berita Surabaya

Angkat Potensi Seni di Daerah, Disbudpar Jatim Gagas Program Funtrip Kebudayaan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur akan menyelenggarakan 'funtrip' kebudayaan.

Foto Istimewa Disbudpar Jatim
Acara peresmian pameran lukisan Mir4culous Trust yang digelar di Surabaya Suites Hotel, Senin (15/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur akan menyelenggarakan 'funtrip' kebudayaan.

Funtrip kebudayaan yang nantinya akan melibatkan awak media tersebut diharapkan mampu mengenalkan kekayaan dan budaya di daerah, sehingga akan mengangkat pariwisata lokal.

"Sebenarnya, pariwisata funtrip sudah beberapa kali dilakukan, namun untuk yang concern soal kebudayaan masih belum," ungkap Sinarto SKar MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur di tengah acara peresmian pameran lukisan Mir4culous Trust yang digelar di Surabaya Suites Hotel.

Dalam rilis Selasa (16/3/2021), Sinarto menyebut, funtrip kebudayan yang direncanakan tersebut nantinya bisa mengunjungi lokasi seni mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi, juga Ngawi sampai Sumenep.

“Pasti ada kantong-kantong budaya yang bisa dipotret untuk disampaikan ke publik sehingga punya dampak pariwisata,” tegas lulusan SMKI Surabaya Jurusan Pedalangan ini.

Dalam kesempatan itu, Sinarto menyatakan pula bahwa kondisi kepariwisataan di Jawa Timur sudah mulai menggeliat seiring dengan berkembangnya penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik.

“Kondisi di Jatim sekarang kan sudah banyak yang menguning. Tidak ada lagi yang (zona) merah,” imbuhnya.

Sinarto menyatakan, dirinya sudah mendapat kabar dari Disbudpar di kabupaten/kota di Jatim yang mulai berkegiatan lagi kepariwisataannya.

“Tinggal sisi seni kebudayaan yang belum. Jadi rasanya perlu gerakan khusus untuk mengabarkan bahwa kegiatan kesenian pun sudah waktunya dilakukan kembali dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” harapnya.

Sejalan dengan Sinarto, Ainur Rohim, Ketua PWI Jawa Timur yang juga hadir di acara pembukaan pameran lukisan tersebut sangat mendukung agenda pameran lukisan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Luthfi Husnika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved