Breaking News:

Pertamina

Saat Monev Program CSR, SKK Migas Turut Tanam Cemara Laut di CMBR Lembung Paseser, Bangkalan, Madura

Selain monev program CSR PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, tim dari SKK Migas Jabanusa melakukan hal serupa di Poleng Field.

Foto : Pertamina EP Asset 4 Poleng Field
Tim SKK Migas yang ikut menanam bibit Cemara Laut saat kunjungan monev CSR Pertamina EP Asset 4 Poleng Field di Desa Lembung Paseser di Bangkalan.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Selain monitoring dan evaluasi (monev) program CSR (Corporate Social Responsible) PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, tim dari SKK Migas Jabanusa melakukan hal serupa di Poleng Field.

Yaitu di wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Gresik.

Saat kunjungan di lokasi Coastal & Marine Biodiversity Reserve (CMBR) di Lembung Paseser, Bangkalan, tim SKK Migas ikut melakukan tanam pohon Cemara laut.

Karena lokasi tersebut adalah kawasan konservasi keanekaragaman hayati di pesisir laut yang oleh Pertamina EP Asset 4 Poleng Field dikembangkan menjadi beberapa program.

Yaitu program penanaman cemara laut sebanyak 1.000 pohon, pembangunan jembatan pemantauan mangrove sepanjang 350 meter, penerbitan buku avifauna lembung paseser, dan sosialisasi peraturan desa terkait pengelolaan kawasan pesisir dan laut melalui papan himbauan.

Wahyu Dono, Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas yang menjadi salah satu tim monev, mengatakan, tim nya sangat tertarik untuk turut serta dalam program penanaman ini.

  "Semoga cemara laut ini dapat tumbuh dan bermanfaat untuk sekitar,” kata Wahyu Dono, Minggu (7/2/2021).

Selain penanaman 1.000 pohon Cemara Laut, di lokasi tersebut juga ada program yang melibatkan masyarakat secara langsung, berupa pembibitan 25.000 mangrove.

Poleng Field juga melakukan pemberdayaan perempuan di kawasan tersebut untuk budidaya lebah madu, dengan nama Trigona.

"Dengan adanya dua kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat," jelas Intan Anindita Putri,  Relation & Formalities Pertamina EP Asset 4 Poleng Field yang ikut dalam monev tersebut.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved