Breaking News:

Citizen Reporter

Membuat Kuis Itu Mudah

Belajar komputer bagi siswa sekolah dasar (SD) tentu sangat mengasyikkan, tak terkecuali siswa SD Al Falah Darussalam Waru, Sidoarjo.

Istimewa
Salah seorang siswa SD Al Falah Darussalam Waru, Sidoarjo, Revano menunjukkan karyanya membuat kuis dengan hyperlink Power Point. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Belajar komputer bagi siswa sekolah dasar (SD) tentu sangat mengasyikkan, tak terkecuali siswa SD Al Falah Darussalam Waru, Sidoarjo.

Walaupun mereka belajar dari rumah (BDR), pelajaran komputer tetap dapat dipahami dan dipraktikkan sebagaimana di sekolah. Terbukti mereka dapat mengumpulkan tugas komputer sesuai materi yang diajarkan guru.

Guru kelas empat mengajarkan komputer secara online. Materi yang diberikan yakni pengenalan hyperlink pada Power Point (PPT).

Guru kelas menjelaskan materi itu melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Mengenalkan hyperlink pada Power Point dengan cara mengajak semua murid untuk membuat kuis, Rabu (27/1/2021).

Cara membuat kuis diperagakan oleh guru dengan menampilkan slide Power Point di layar share screen Zoom.

Guru juga membuat tutorial sederhana cara membuat kuis dengan hyperlink Power Point yang diunggah ke kanal YouTube, agar dapat dipelajari kembali oleh semua murid sebagai bekal mengerjakan tugas.

Salah satu murid bernama Revano, berhasil membuat kuis saat pembelajaran berlangsung di layar Zoom. Kemudian guru kelas mempersilakan Revano untuk menampilkan karyanya dengan share screen.

Revano menuturkan, ternyata membuat kuis dengan hyperlink Power Point sangat mudah dan menyenangkan.

Bahkan, dia akan membuat dalam bentuk yang lain dengan beberapa pertanyaan agar dapat dimainkan bersama teman-taman.

Guru meminta Revano menjelaskan cara membuat kuisnya. Kemudian ia diberi kesempatan untuk share screen di depan teman-temannya.

“Pertama kita siapkan empat slide kosong. Setiap slide diisi tulisan terlebih dulu. Slide pertama berisi judul kuis dan tombol ‘Mulai’ juga nama kita. Slide kedua berisi tulisan ‘Upsss Anda Salah’ lalu buat tombol di bawah tulisan itu yang bertuliskan ‘Kembali Belajar’. Slide ketiga membuat pertanyaan kuisnya dan tiga tombol jawaban. Slide terakhir, keempat, membuat tulisan ‘Selamat Anda Berhasil’. Kemudian semua tombol itu diberi hyperlink dengan cara klik insert lalu action pilih hyperlink klik slide yang dituju. Lalu cek dengan slide show,” papar Revano dengan lancar.

Pengumpulan tugas membuat kuis itu dilakukan dengan cara memasukkan file PPT mereka ke link Google Form yang dibuat oleh guru kelas.

Tak butuh menunggu waktu lama, keesokan harinya pada Kamis (28/1/2021), semua murid telah mengumpulkan tugas komputer. Pelajaran komputer merupakan salah satu pelajaran yang digemari anak-anak karena tak membutuhkan nalar yang rumit.

Yunita Purnamasari
Guru SD Al Falah Darussalam Waru, Sidoarjo
yp953584@gmail.com

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved