Breaking News:

SNMPTN 2021

Enam Mapel Inti Penentu Siswa Eligible Daftar SNMPTN 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menentukan jumlah kuota sekolah untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. 

Surabaya.Tribunnews.com
Ketua LTMPT Prof Nasih mengingatkan sekolah untuk mengisi data sekolah tidak mendekati deadline. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menentukan jumlah kuota sekolah untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. 

Penentuan kuota di awal ini nantinya diharapkan mempermudah sekolah dalam melakukan perangkingan bagi siswa yang eligible (yang dibolehkan). 

Di SMAN 15 Surabaya, misalnya, dari total siswa 419 siswa kelas 12, hanya 167 siswa yang bisa mendaftar SNMPTN 2021. 

Dengan rincian 141 untuk siswa jurusan IPA dan 26 siswa jurusan IPS.

Jumlah tersebut berdasar dari akreditasi A sekolah sebanyak 40 persen. 

Guru BK SMAN 15 Surabaya, Nurmala Hayati mengungkapkan meskipun kuota sudah ditentukan, hingga saat ini sekolah masih melakukan proses verifikasi data. 

"Kami sampai sekarang belum verifikasi karena datanya belum sesuai. Karena ada empat siswa percepatan belum termasuk dalam data ini. Data di dapodik sudah benar, tapi di LTMPT belum terupdate dan berubah. Jadi masih kita tunggu," ujarnya. 

Dalam penentuan siswa eligible ini, dikatakan Nurmala, berdasarkan ketentuan dari LTMPT, yakni berdasar nilai dari enam mata pelajaran mulai dari semester satu hingga lima.

"Cuma dari MKSS di Surabaya tahun lalu, untuk jurusan IPA nilai matematika yang diambil nilai dari rata-rata matematika wajib dan peminatan, ditambah nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika Biologi dan Kimia. Begitupun dengan jurusan IPS ditambahkan nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi Dan Ekonomi," jabarnya. 

Dikatakan Nurmala, dalam perangkingan siswa yang eligible sebenarnya sudah diserahkan ke sekolah sejak tahun lalu. 

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved