Pilbup Jember 2020

Survei PRC: Petahana dan Penantang Bersaing Ketat di Pilbup Jember 2020

Persaingan ketat terlihat antara Paslon petahana dan penantang di Pilbup Jember 2020, terlihat dari hasil survei yang dirilis lembaga riset

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Direktur Riset PRC, Miftahul Munir memaparkan hasil survei Pilbup Jember 2020, Sabtu (5/12/2020). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Persaingan ketat terlihat antara pasangan calon (Paslon) petahana dan penantang di Pilbup Jember 2020.

Hal ini terlihat dari hasil survei yang dirilis oleh lembaga riset dan konsultasi politik, Politika Research & Consulting (PRC), Sabtu (5/12/2020).

Dari hasil survei yang disampaikan PRC, terlihat persaingan ketat terjadi antara Paslon 01 Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto dan Paslon 02 Hendy Siswanto-Muh Balya Firjaun Barlaman.

Paslon 01 merupakan petahana, sedangkan penantangnya ada dua yakni Paslon 02 dan Paslon 03 Abdussalam-Ifan Ariadna Wijaya.

Persaingan ketat antara Paslon 01 dan 02 terlihat dari hasil uji terbuka elektabilitas (top of mind), juga pertanyaan tertutup (closed option).

Direktur Riset PRC, Miftahul Munir menuturkan, pihaknya melakukan uji elektabilitas dengan mengajukan dua pertanyaan kunci.

“Pertama top of mind dan kedua closed option. Hasilnya Pilbup Kabupaten Jember akan berlangsung ketat. Ada potensi Jember memiliki kepala daerah baru jika melihat margin of error dari survei ini,” ujar Munir.

Pada uji pertanyaan terbuka elektabilitas (top of mind) petahana Faida–Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) memperoleh suara 31,8 persen. Kemudian, Paslon 02 Hendy Siswanto–Muh Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) mendapatkan 30,4 persen. Terakhir, Paslon Abdussalam–Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) memperoleh 11,4 persen.

Sisanya 26,4 persen responden masih belum atau tidak menentukan pilihan.

Responden yang menyatakan Tidak Tahu atau Tidak Menjawab (TT/TM) terbagi menjadi dua kategori besar. Pertama adalah mereka yang dominan menjawab rahasia, utamanya dari kalangan responden berlatar belakang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kedua, mereka yang memang merupakan undecided voters (belum menentukan pilihan)

Sedangkan, elektabilitas pasangan calon Pilbup Jember dengan pertanyaan tertutup (closed option) juga menunjukkan hasil yang ketat. Pasangan Faida–Vian mendapatkan 35,6 persen, diikuti oleh pasangan Hendy–Gus Firjaun dengan 35,2 persen. Pasangan Salam–Ifan dengan 12,6 persen.

Ada 16,6 persen responden yang masih belum atau tidak menentukan pilihan.

"Pada pertanyaan terbuka, kami tidak memakai kartu bantu. Sedangkan pada pertanyaan tertutup, kami memakai kartu bantu ada namanya. Ternyata ada perubahan persentase pemilih yang belum atau tidak menentukan pilihan. dari 26,4 persen menjadi 16,6 persen," tegas Munir.

Pada pertanyaan lanjutan, terkait dengan kemantapan pilihan terhadap pasangan calon, data menunjukkan masih besar kemungkinan responden mengubah pilihannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved