Breaking News:

Sambang Kampung

Temukan Bunga Telang Liar, kini Warga RT 11 RW 4 Penjaringan Sari Surabaya Raih Jutaan Rupiah

Warga RT 11 RW 4 Penjaringan Sari saat memanen Bunga Telang yang dibudidayakan di lahan kosong RT. Bunga telang diolah menjadi minuman.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
BUDIDAYA TELANG - Warga RT 11 RW 4 Penjaringan Sari saat memanen Bunga Telang yang dibudidayakan di lahan kosong RT. Bunga telang diolah menjadi minuman dan dijual kering dengan omzet jutaan rupiah. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Niatan warga RT 11 RW 4 Penjaringan Sari membersihkan lahan fasilitas umum kini berbuah manis. Di sela rumput liar, warga menemukan tanaman Bunga Telang yang kini dibudidayakan di sepanjang lahan fasum tersebut.

Berbekal informasi di youtube, warga kemudian rutin memanen bunga telang dan mengeringkannya. Bunga telang kering tersebut kemudian dipasarkan sebagai teh telang dan menghasilkan jutaan rupiah.

Ketua RT, Abdul Rachman mengungkapkan untuk budidaya bunga Telang ini berawal dari kegiatan kerja bakti di awal tahun untuk merbak lahan kampung yang terbengkalai.

"Pertengahan Maret kami menemukan Telang liar dan mulai fokus merawat telang ini. Yang penting kami menata dan bikin kampung hijau, kemudian baru kami fikirkan mengembangkan Telang yang juga bermanfaat bagi kesehatan,"ungkapnya.

Tak hanya di lahan fasum, bibit Telang ini juga disebarkan disekitar rumah warga. Setiap harinya warga memanen Bubga telang yang telah tumbuh subur di lahan fasum. Kemudian dikeringkan dan dikemas dalam plastik kecil.

"Juli kami mulai jualan online, dari penjualan online bunga Telang kering ya teh Telang ini omsetnya mencapai Rp 1,5 juta. Agustus sampai Rp 2,5 juta, September ini rencana kami evaluasi dulu,"ujarnya.

Tak hanya berupa Teh Telang, bunga Telang ini juga diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman yang dibuat oleh UMKM paguyuban Sewelas.

"Saat kami iku pameran kreatif di RW baru warga Wisma Penjaringan Sari tahu kalau RT kami punya ikon bunga Telang,"ujarnya.

Selain memperkenalkan produk Telang melalui pameran, Abdul juga mengizinkan warga memanen bunga Telang dan mengeeksplorenya menjdi aneka makanan.

"Asal warga mau kerja bakti. Harapannya ke depan setiap warga nanti punya bunga Telang di rumahnya dan kampung kami bisa jadi Wisma Bunga Telang,"urainya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved