Breaking News:

Ramuan Kunyit-Madu: 9 Kahasiat Hebat, Cocok Musim Pandemi, Dilengkapi Cara Membuatnya

Ramuan ini sangat efektif meningkatkan imun. Jadi sangat cocok dikonsumsi di musim pandemi seperti sekarang ini.

net
Ilustrasi 

SURYA.co.id - Banyak ramuan Nusantara warisan nenek moyang yang punya segudang manfaat kesehatan.

Salah saatunya ramuan kunyit dan madu. Ramuan ini sangat efektif meningkatkan imun. Jadi sangat cocok dikonsumsi di musim pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai bahan alami, baik kunyit maupun madu, dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, bahkan mencegah kanker.

Berikut ini beberapa mafaat minum kunyi dan madu yang sayang jika dilewatkan.

1. Meningkatkan sistem imun
Salah satu manfaat minum kunyit dan madu yang bisa kita dapatkan adalah meningkatnya sistem imun. Sebab, baik kunyit maupun madu sama-sama memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan.
Sifat-sifat tersebut akan membantu tubuh lebih siap dalam menghadapi serangan berbagai penyebab penyakit mulai dari bakteri hingga virus.

2. Menurunkan kolesterol
Kunyit maupun madu juga sama-sama dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung dan stroke.

3. Menyehatkan paru-paru
Rutin mengonsumsi kunyit juga dinilai baik untuk kesehatan paru-paru. Rempah yang satu ini disebut berpotensi meredakan gejala penyakit paru kronis.
Bahkan menurut penelitian, kunyit juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma, fibrosis paru, hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minum kunyit yang satu ini.

4. Menjaga daya ingat
Madu mengandung polifenol yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat secara signifikan. Sementara itu, antioksidan yang teradapat pada kunyit mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit degeneratif yang paling banyak terjadi dan membuat pengidapnya pikun.
5. Baik untuk pengidap diabetes
Manfaat minum kunyit dan madu untuk para pengidap diabetes juga tak kalah baiknya. Kunyit dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy atau penyakti ginjal diabetes.

Namun peran kunyit tersebut baru didapatkan dari penelitian menggunakan hewan uji. Hingga saat ini, penelitian secara klinis di manusia masih perlu lebih banyak dilakukan. Sementara itu, madu bisa menjadi alternatif pemanis yang sedikit lebih sehat dibanding gula.

Halaman
12
Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved