Breaking News:

Single Focus

Tips Memilih dan Merawat Ikan Cupang Ala Pembudidaya dan Pedagang di Gunungsari

Cara beternak dan budidaya ikan cupang terbilang mudah jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Ini tipsnya

surabaya.tribunnews.com/zainal arif
Pedagang ikan cupang pasar Ikan Hias di Gayungsari, Surabaya, Sulis Purwanto, berbagi tips memelihara ikan cupang 

SURYA.co.id  | SURABAYA - Cara beternak dan budidaya ikan cupang terbilang mudah jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Pedagang ikan cupang pasar Ikan Hias di Gayungsari, Surabaya, Sulis Purwanto, berbagi tips bagaimana memelihara ikan yang dikenal dengan sebutan 'iwak tarung' ini.

Pertama, setiap orang harus mengetahui jenis ikan cupang (ikan cupang hias atau ikan cupang aduan) yang hendak dirawat.

Kata dia, ikan cupang hias memiliki bentuk sirip dan ekor menjuntai panjang, warna tubuh terang, tidak kusam, dan memiliki varian warna yang menarik dan atraktif.

"Ikannya itu kalau gerak tenang, kalau ngeliat ikan cupang lain atau sedang kawin dengan betina, ekornya akan mengembang sempurna dan menunjukkan bentuk khas Ikan cupang hias, nah ikan jenis ini yang sering dilombakan dalam hal keindahan warna," kata Sulis kepada Surya, Minggu (2/8).

Dia melanjutkan, yang termasuk jenis ikan cupang hias ini ialah ikan serit, bulan separuh, plakat, cagak dan giant.

Sedangkan ikan cupang aduan terlihat lebar dan tinggi, leher hingga ekor terlihat memiliki ketebalan dan besar yang sama, namun pada ujung ekor biasanya bentuknya mengecil dan bergerak agresif.

"Mulut ikan cupang adu tertutup rapat, tidak menganga, jika dilihat pada bibir bagian bawah ada bintik-bintik dan itu mencirikan giginya yang runcing," ujarnya.

Langkah kedua, seseorang harus memilih indukan yang berkualitas. Hal ini harus dilakukan agar nantinya anak ikan cupang yang keluar juga berkualitas.

"Saya dulu beli indukannya di Vietnam, Rp 15 juta hanya dapat 8 ekor. Ini karena saya ingin ikan berkualitas," ungkap pehobi ternak ikan cupang selama 7 tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved