Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Polda Jatim Gandeng Para Kiai Amankan Pilkada Serentak di Jatim, 8 Kabupaten/Kota Berpotensi Rawan

Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran meminta dukungan para kiai dalam menjaga kondusivitas pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Jatim.

Foto: humas polda jatim untuk surya.co.id
Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran bersama para kiai se-Jatim di Aula Gedung Patuh di Mapolda Jatim, Rabu (29/7/2020). 

SURYA. co.id | SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran meminta dukungan para kiai dalam menjaga kondusivitas pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Jatim.

Kendati Imran tak menampik bahwa dalam pelaksanaan pilkada terdapat kontestasi antarcalon pemimpin, yang berpotensi memicu gesekan.

Namun, ia berharap gesekan yang terjadi secara horizontal nantinya masih dalam taraf kewajaran atau tetap dalam semangat fairplay dan menjunjung tinggi asas aturan.

"Walaupun situasi pilkada ini, karena terjadi kontestasi, pasti ada ini, ibarat mesin mobil, kalau sudah dipanasi pasti ada, kalau dihidupkan mulai panas, tapi tidak boleh overheat, atau kepanasen, tidak boleh itu," ujarnya dalam Forum Audiensi dengan Ulama Jatim, di Mapolda Jatim, Rabu (29/7/2020).

Imran berharap, selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 nantinya, masyarakat Jatim senantiasa tak cuma sebatas menjaga keamanan.

Namun juga menjaga kedamaian antarelemen masyarakat, yang mungkin, tidak dapat dielakkan, terciptanya disparitas kelompok pendukung masing-masing calon yang berkontestasi.

"Nah saya berharap, dan memohon mudah-mudahan mendapat dukungan dari para kiai agar situasi ini tidak hanya aman. Aman itu fisiknya, tapi juga damai, damai itu pikirannya," jelasnya.

Berdasarkan analisis Polda Jatim mengenai Indeks Potensi Kerawanan (IPK) saat Pilkada Serentak 2020.

Terdapat tiga kategori kerawanan Pilkada Serentak, diantaranya;

1) Kondisi Kurang Rawan. Terdapat 10 kabupaten. Meliputi, Tuban, Mojokerto, Ngawi, Kota Blitar, Kediri, Pacitan, Sidoarjo, Ponorogo, Lamongan, dan Blitar.

Halaman
123
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved