Breaking News:

Virus Corona di Jatim

Hari ini 665 Pasien Covid-19 di Jatim Dinyatakan Sembuh

Tren pasien covid-19 di Jatim yang dinyatakan sembuh terus meningkat. Hari ini, Kamis (23/7/2020), jumlah pasien covid-19 yang sembuh mencapai 665

Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tren pasien covid-19 di Jatim yang dinyatakan sembuh terus meningkat. Hari ini, Kamis (23/7/2020), jumlah pasien covid-19 yang sembuh mencapai 665 orang.

Dengan begitu angka kumulatif kasus terkonfirmasi covid-19 Jatim hang telah sembuh mencapai 11.125 orang.

Angka recovery rate kasus positif covid-19 Jatim saat ini juga meningkat menjadi 57,19 persen.

Sedangkan tambahan kasus positif baru di Jatim juga masih tinggi. Dimana per hari ini ada tambahan kasus terkonfirmasi covid-19 baru sebanyak 357 orang.

Sehingga kumulatif kasus terkonfirmasi covid-19 di Jatim tembus 19.450 kasus. Dengan kasus terkonfirmasi yang tengah dirawat saat ini sebanyak 6.800 orang.

"Betapa bahwa usaha keras dari jajaran dokter, perawat, tenaga kesehatan, mereka semua sudah memberikan dedikasikan terbaik hingga angka kesembuhan kita sudah mencapai 11 ribu orang lebih," kata Khofifah. 

Peta situasi covid-19 di Jawa Timur per 23 Juli 2020
Peta situasi covid-19 di Jawa Timur per 23 Juli 2020 (ist)

Pasalnya tren kesembuhan pasien covid-19 memberikan optimisme bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Terlebih karena kasus sembuh di Jatim saat ini sudah jauh melebihi jumlah kasus yang tengah dirawat.

"Artinya jika kesembuhan terus kita tingkatkan, pencegahan dalam bertambahnya kasus baru terus kita cegah, maka secara perlahan pandemi covid-19 di Jatim ini kemungkinan akan berhenti," ucap Khofifah.

Jika angka kesembuhan terus ditingkatkan dan kasus baru bisa ditekan, maka berangsur angsur kasus covid-19 di Jatim akan habis. Terlebih karena covid-19 adalah self limiting desease atau virus yang bisa mati sendiri jika dibiarkan tidak menyebar.

Oleh sebab itu ia terus mengimbau pada seluruh warga masyarakat Jawa Timur untuk menegakkan protokol kesehatan.

"Tidak bisa tidak memakai masker. Tidak bisa tidak untuk menjaga jarak, dan tidak bisa tidak untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Karena itu yang akan melindungi kita dan orang lain dari covid-19," tegas Khofifah.

Di sisi lain, angka kematian kasus terkonfirmasi covid-19 yang meninggal dunia juga terus menurun. Per hari ini, ada sebanyak 29 pasien covid-19 yang meninggal dunia.

Tim dari Pemprov Jatim terus melakukan upaya agar angka kematian kasus terus bisa diturunkan hingga nol kematian dan terus meningkatkan angka kesembuhan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved