Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Apa Itu Obat Ambroxol dan Fungsinya? Ini Penjelasan Lengkap dari Apotek Online Lifepack

Pernahkah Anda pernah mengonsumsi obat ambroxol? obat ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit saluran napas, sakit tenggorokan, meredakan nyeri

Shutterstock by Sushitsky Sergey
Ilustrasi Ambroxol 

SURYA.co.id - Pernahkah Anda pernah mengonsumsi obat ambroxol? obat ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit saluran napas, sakit tenggorokan, meredakan nyeri akibat inflamasi (peradangan) serta mengencerkan dahak. Lalu bagaimana dosis dan cara konsumsi ambroxol yang benar? 

Dikutip SURYA.co.id dari Apotek Online Lifepack, Ambroxol masuk ke golongan obat pengencer dahak (mukolitik). Penggunaanya pun harus menggunakan resep. Bentuknya bisa berupa tablet atau sirup.

Soal dosis? Obat ambroxol perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum dikonsumsi, tapi secara umum seperti ini:

Anak usia < 2 tahun: 7,5-15 mg dan diminum 2 kali sehari.

Anak usia 2-5 tahun: 7,5-15 mg dan diminum 1 kali sehari.

Usia 6-12 tahun: 15-30 mg dan diminum 1-2 kali sehari.

Usia >12 tahun: 30 mg dan diminum 2 kali sehari

Efek Samping

Pada beberapa kasus, obat ambroxol dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang ditimbulkan ambroxol dapat berupa: Mual atau muntah, Sakit perut, Diare, Perut kembung serta Bibir dan tenggorokan terasa kering

Sebagai catatan, ambroxol juga dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi dengan beberapa obat lain seperti erythromycin, cefuroxime, dan doxycycline.

Peringatan
Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat ambroxol. Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat ambroxol atau obat-obatan lainnya. Selain itu Anda  juga perlu memberitahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau vitamin lain untuk menghindari terjadinya interaksi obat.

Itulah beberapa informasi mengenai ambroxol. Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang kesehatan Anda? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan solusi apotek online lifepack yang mudah Anda jangkau kapanpun dan dimanapun.

Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved