Tips Sehat dan Bugar

Usir Kolesterol Tinggi dengan Jeruk Lemon. Ini 4 Cara Mengonsumsinya

Riset yang dipublikasikan pada 2013 di International Journal of Humanities and Social Science menyebut manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol

surabaya.tribunnews.com/doni prasetyo
Bambang Sumali sedang memanen jeruk lemon lokal warga Dusun Geneng, Desa Pacalan, Kecamata Plaosan, Kabupaten Magetan 

SURYA.co.id - Bagi anda yang kerap was-was dengan kolesterol, sebaiknya mengatasi masalah kolesterol itu dengan rutin berolahraga, menghindari makanan penyebab kolesterol melonjak, dan diet tinggi serat.

Satu lagi resep mudah yang perlu dicoba adalah jeruk lemon. Beberapa studi menunjukkan jeruk lemon bermanfaat untuk pengidap kolesterol tinggi.

Melansir Live Strong, riset yang dipublikasikan pada 2013 di International Journal of Humanities and Social Science menyebut manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol.

Dalam studi disebut, penderita kolesterol tinggi yang diberi air dengan perasan jeruk lemon setiap hari, kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) turun signifikan.

Namun, penelitian tersebut juga mengharuskan peserta untuk berolahraga secara teratur dan mengikuti diet rendah lemak. Pendapat lain mengenai manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol disampaikan ahli dari University of Michigan Health System.

4 Cara mengkonsumsinya:

Melansir SF Gate, ada beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami dengan jeruk lemon.

1. Anda bisa langsung mengonsumsi perasan lemon yang dicampurkan air. Minum saat pagi atau siang hari.

2. Jika rasa lemon terlalu asam, Anda juga bisa minum air perasan jeruk lemon yang ditambah madu, beberapa helai daun mint, atau jahe segar. Selain menambah cita rasa lebih nikmat, minuman ini juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Menambahkan perasan jeruk lemon segar ke salad, teh, atau menu sajian lainnya. Namun, ada baiknya Anda mengonsumsi lemon dari buah segar, bukan perasan lemon yang sudah ditambah gula atau perasa lainnya.

4. Anda disarankan mengonsumsi perasan lemon bersama bawang putih.
Studi pada 2016 lalu membuktikan, penderita kolesterol tinggi yang minum satu sendok perasan jeruk lemon dan 20 gram bawang putih setiap hari terbukti kadar kolesterol darah dan tekanan darahnya lebih terkontrol.

Editor: Suyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved