Virus Corona di Trenggalek

Satu Lagi Pasien Covid-19 di Trenggalek Sembuh, Bupati: Tinggal Tiga Pasien yang Masih Isolasi

Satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek dilaporkan sembuh, Sabtu (23/5/2020).

SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ketika mengumumkan pasien sembuh Covid-19, Sabtu (23/5/2020). 

TRENGGALEK, SURYA.CO.ID - Satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek dilaporkan sembuh, Sabtu (23/5/2020).

Dengan begitu, jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Trenggalek jadi 2 orang, dari lima pasien.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyebut, pasien yang sembuh itu adalah pasien 04. Ia berusia 43 tahun asal Kecamatan Gandusari itu sudah dua kali negatif tes swab ulang.

"Dinyatakan sembuh karena pada 13 Mei 2020 hasil swab test kedua negatif. Lalu pada 18 Mei 2020, hasil swab test ketiga juga hasilnya negatif," kata Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, Sabtu (23/5/2020).

Sebelumnya, pasien berjenis kelamin laki-laki itu dinyatakan positif terinfeksi SARS-CoV-2 setelah menjalani test swab pertama pada 12 Mei lalu.

Mas Ipin meminta, Dinas Kesehatan di Kabupaten Trenggalek untuk segera menerbitkan surat keterangan sehat untuk pasien 04.

Selain itu, Pemkab Trenggalek juga mengumumkan hasil penelusuran kontak erat pasien 04 terbaru. Pasien ini punya kontak erat dengan istri, tiga anak dan seorang menantu.

"Seluruh kontak erat ini telah menjalani isolasi lebih dari 14 hari dan rapid test dua kali menunjukkan hasil non-reaktif," sambung Mas Ipin.

Kesembuhan pasien 04 ini menyusul kesembuhan pasien 01. Pasien 01 dilaporkan sembuh dari Covid-19 pada 21 April lalu.

Sementara dari tiga pasien tersisa, dua di antaranya menjalani isolasi diri di Asrama Balai Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek. Dengan begitu, mereka telah dinyatakan tak bergejala.

"Sementara, tinggal satu pasien saja yang masih bergejala dan dirawat di rumah sakit," ujar Mas Ipin.

Ia menyebut, penyebaran virus corona di Trenggalek terbilang terkendali. Ini lantaran kasus positif yang terjadi diduga kuat berasal dari transmisi luar Trenggalek.

Mas Ipin juga meminta warga tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang ada. Agar penyebaran virus Corona bisa ditekan menjelang Lebaran.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved