THR Pensiunan dan PNS Cair Jumat 15 Mei, Berikut Rincian Lengkap yang Diperoleh, Ada Jatah 8,7 T

THR Pensiunan dan PNS merupakan berita yang menjadi sorotan pada minggu ini, THR pensiunan dan PNS dipastikan akan cair pada Jumat, 15 Mei 2020.

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Adrianus Adhi
dok.tribunnews
Ilustrasi THR Pensiunan 

SURYA.co.id - THR Pensiunan dan PNS merupakan berita yang menjadi sorotan pada minggu ini, THR pensiunan dan PNS dipastikan akan cair pada Jumat, 15 Mei 2020.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati telah memastikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) termasuk anggota TNI/Polri akan tetap mendapatkan hak THR pada Lebaran tahun ini.

Meski ditengah pandemi Covid-19 atau Virus Corona dan keungan negara dalam masa pengetatan, THR Pensiunan dan PNS serta TNI Polri akan cair serentak pada tanggal 15 Mei mendatang.

Pada tahun ini, pemerintah menganggarkan hanya 29,382 triliun, atau 11 triliun lebih sedikit daripada tahun lalu

Lebih detil, jatah untuk ASN TNI-Polri di pusat Rp 6,7 triliun. Pensiunan dijatah Rp 8,7 triliun dan RP 13,8 triliun untuk daerah.

Pengurangan anggaran untuk jatah THR ini membuat sebagian golongan PNS dipastikan tidak akan mendapatkan jatah THR pada tahun ini

Untuk diketahui, hanya PNS eselon III ke bawah yang akan merasakan THR. Sementara eselon I dan II dipastikan tidak akan mendapatkan jatah THR

Sebagai informasi, THR merupakan tambahan penghasilan yang bisa diterima PNS di luar gaji bulanan.

Hak THR diberikan pemerintah kepada PNS sebagai pengganti karena tak adanya kenaikan gaji.

THR dibayarkan ke PNS setiap tahun menjelang Lebaran, pencairannya paling cepat yakni 10 hari sebelum Lebaran.

Untuk diketahui, besaran THR ini tergantung dengan instansi pemerintah masing-masing, baik kementerian/lembaga pemerintah pusat maupun pemda. 

Komponen THR bisanya meliputi gaji pokok ditambah tunjangan melekat.

Namun beberapa instansi menetapkan THR meliputi komponen gaji pokok, tunjangan melekat, dan ditambah tunjangan kinerja atau tukin.

Gaji ke-13 Berbeda dengan THR, di mana tak semua instansi memasukan komponen tunjangan kinerja, maka di gaji ke-13 sudah pasti pasti meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja. 

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved