Breaking News:

Virus Corona di Madiun

Seorang Warga Kota Madiun Positif Covid-19 Berdasarkan Rapid Test, Setiap Hari Berdagang di Temboro

Warga yang dinyatakan positif melalui rapid test akan diperiksa melalui pembuktian PCR atau swab. Dengan tes swab ini hasilnya bisa lebih akurat.

SURYA.CO.ID, MADIUN - Seorang warga Kota Madiun dinyatakan positif setelah menjalani rapid test Covid-19. Warga berjenis kelamin laki-laki ini berprofesi sebagai pedagang yang sehari-hari berjualan di kawasan Temboro, Kabupaten Magetan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah mengatakan pria ini ditemukan setelah dilakukan tracing oleh tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun.

Setelah muncul kasus klaster baru dari Ponpes Al Fatah, Temboro, tim dari Dinkes melakukan tracing terhadap masyarakat Kota Madiun yang beraktivitas di Temboro.

Warga ini awalnya orang tanpa gejala (OTG) atau tidak sakit. Namun, karena setiap hari keluar masuk wilayah Temboro, tim melakulan rapid test pada 18 April dan hasil rapid test yang bersangkutan positif Covid-19.

"Untuk hasil rapid test memang positif. Tapi itu masih perlu dikonfirmasi dengan PCR. Supaya tahu hasilnya. Harapannya negatif. Karena hasil PCR bisa positif dan negatif," jelas dia, Kamis (23/4/2020) kemarin.

Aflah menuturkan, warga yang dinyatakan positif melalui rapid test akan diperiksa melalui pembuktian PCR atau swab. Dengan tes swab ini hasilnya bisa lebih akurat.

Saat ini, tim dari Dinkes masih berkoordinasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk pengujian swab terhadap satu orang pasien ini.

"Hasil dari rapid test masih membutuhkan pembuktian tes PCR. Untuk itu kami belum bisa memastikan warga ini positif atau malah sebaliknya," jelasnya.

Saat ini, pasien tersebut menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit RSUD dr Soedono. Sementara itu, keluarga yang telah berkontak dengan pasien juga masih dalam pemantauan.

Aflah mengimbau kepada warga Kota Madiun agar tetap waspada terhadap persebaran virus Corona. Masyarakat juga harus berperan aktif untuk mengawasi warga di lingkungan masing-masing yang keluar masuk lintas daerah karena urusan pekerjaan.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved