Breaking News:

Psikologi

Pandemi Covid-19 Membuat Cemas? Tak Perlu Khawatir, Berikut Empat Hal yang Bisa Dilakukan

Maraknya pemberitaan tentang covid-19 berpotensi membuat seseorang merasa cemas. Begini cara mencegahnya..

foto: dokumentasi
Ilustrasi kecemasan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Maraknya pemberitaan tentang covid-19 berpotensi membuat seseorang merasa cemas. Apalagi, kini banyak beredar informasi yang tidak jelas atau hoaks.

Kepanikan yang berlebihan malah membuat kondisi semakin buruk. Stefani Virlia MPsi Psikolog, dosen Fakultas Psikologi Universitas Ciputra menyebut, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk menyikapi kepanikan tersebut. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Memfilter Informasi

Agar tidak panik berlebihan, Stefani mengimbau untuk menyaring informasi yang beredar. Menurutnya, penting untuk tetap mengikuti perkembangan covid-19.

"Supaya kita tetap mengetahui sejauh mana pandemi ini. Tapi, jangan sampai hanya fokus ke informasi negatif," kata Stefani, Jumat (10/4/2020).

Selain itu, perlu membedakan informasi yang benar dan hoaks. Ada baiknya untuk mencari informasi dari media yang memang terpercaya.

"Sekarang ini di media sosial banyak sekali informasi hoaks. Jika mendapat informasi, lebih baik dicek terlebih dahulu," urainya.

2. Mengalihkan Perhatian ke Aktivitas Kesukaan

Sambil mencari informasi yang akurat, Stefani menyarankan untuk mengejarjakan aktivitas yang menyenangkan sebagai pengalihan kecemasan.

"Untuk yang work from home, bisa lakukan kegiatan yang menjadi kesenangan. Misalnya, yang hobi masak tapi sebelumnya tidak punya waktu, bisa melakukannya lagi," urainya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved