Sambang Kampung

Menuju Kampung Wisata, RW 10 Ketabang Angkat Potensi Lewat UMKM

RW 10 Kelurahan Ketabang memiliki potensi besar menjadi jujugan wisatawan. Hal ini pun ditunjang dengan beragamnya produk olahan warga.

surabaya.tribunnews.com/christine ayu nurchayanti
Salah satu warga RW 10 Kelurahan Ketabang memperlihatkan minuman yang ia produksi. UMKM warga ini diharapkan mampu mendorong kampung menjadi kampung wisata. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berada dekat Masjid Cheng Ho Surabaya membuat RW 10 Undaan Wetan Kelurahan Ketabang Surabaya berpotensi menjadi kampung wisata.

"Masjid tersebut merupakan destinasi wisata di Surabaya. Di samping itu, Masjid Cheng Ho merupakan gambaran keharmonisan multi etnis," ungkap Tommy Priyo Pratomo, pecinta budaya dan sejarah Surabaya.

Oleh karena itu, Tommy melanjutkan, RW 10 Kelurahan Ketabang memiliki potensi besar menjadi jujugan wisatawan. Hal ini pun ditunjang dengan beragamnya produk olahan warga.

Korwil Surabaya Pusat Ismuninggar Wulandari menyampaikan, beberapa produk UMKM yang sudah ada di antaranya minuman herbal, sari kedelai, hand sanitizer, bahkan produk sepatu.

"Pada tahun 2020 ini, RW 10 harus menjadi kampung wisata. Kami tinggal mendampingi saja karena UMKM di sini sudah sangat beragam," ungkap Is.

Katanya, ibu-ibu kader juga tengah bersiap membuat kaus dan cinderamata yang akan dipasarkan di Masjid Cheng Ho.

"Beberapa UMKM bahkan sudah dikenal di mana-mana, di berbagai tempat makan. Selain bisa menambah pendapatan, hadirnya produk-produk UMKM juga bisa menjadi ikon kampung," Is mengatakan.

Salah satunya produk minuman kemasan Warni Ningsih Rahayu. Sejak tujuh tahun lalu, ia telah memproduksi berbagai minuman herbal, mulai dari sinom, kunyit asam, sirup temulawak, dan sebagainya.

"Distribusinya masih di area Surabaya. Biasanya dalam satu minggu saya memproduksi 50 botol minuman dalam kemasan botol 600 mili liter," katanya.

Tanpa pemanis dan pengawet buatan, beragam minuman tersebut bisa awet bahkan sampai satu minggu. Untuk sirup bahkan tahan sampai satu bulan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved