Sambang Kampung

Halau Covid-19, Warga Medokan Ayu Surabaya Buat Semprotan Disinfektan Otomatis

Sekretaris RW 14 ,Johan Eko Prayitno menjelaskan perlu waktu lebih dari seminggu plus uji coba untuk menyelesaikan gapura disinfektan otomatis ini.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Pengendara roda dua melewati semprotan disinfektan otomatis saat melintas di Medayu Utara XIII, Senin (30/3). Mewabahnya Covid-19 membuat warga RT 1 RW 14 Kelurahan Medokan Ayu membuat gerbang semprotan disinfektan otomatis. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya penanggulangan Covid-19 tak hanya dilakukan pemerintah. Warga pun dengan kesadaran dan kemampuan sendiri, berupaya mencegah penyebaran virus dari Wuhan itu. 

Warga kampung RT 1 RW 14 Kelurahan Medokan Ayu, kecamatan Rungkut, kota Surabaya misalnya. Merkea juga telah menerapkan kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan menyemprotkan disinfektan pada setiap warga yang masuk dan keluar kampung.

Penyemprot ini dibuat menyerupai gapura dan dipasang di gang Medokan Ayu XIII, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Gapura ini secara otomatis menyemprot disinfektan bagi yang melewatinya.

Sensor gerak adalah kunci dari gapura disinfektan otomatis setinggi 3 meter dan lebar 4 meter ini.

Sekretaris RW 14 ,Johan Eko Prayitno menjelaskan perlu waktu lebih dari seminggu plus uji coba untuk menyelesaikan gapura disinfektan otomatis ini.

"Dibuat sudah satu minggu lalu. Tapi uji coba memakan waktu 2 sampai 3 hari," ujarnya.

Johan mengatakan alat yang digunakan untuk membuat gapura disinfektan otomatis ini adalah tandon ukuran 550 liter, pompa air, selang dilengkapi spray, dan juga sensor gerak.

"Untuk peralatannya sendiri swadaya dari warga. Jadi warga punya alat-alat pendukung kemudian dijadikan satu lalu dirangkai. Bahan-bahannya dibeli dari toko peralatan elektronik di Surabaya," ujar Johan.

Johan mengungkapkan dalam sehari gapura ini bisa menghabiskan 2 tandon air berukuran 550 liter.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved