Virus Corona di Jawa Timur

Jaksa se-Indonesia Berlakukan Sidang Online, di Jatim Baru Kejari Sidoarjo, Malang, dan Trenggalek

Seluruh Jaksa di wilayah Jatim telah melaksanakan sidang online, di Jatim baru tiga Kejari yang telah melaksanakannya

Penulis: Samsul Arifin | Editor: irwan sy
foto: istimewa
Ilustrasi sidang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Seluruh Jaksa di wilayah Jatim telah melaksanakan sidang online. Baru tiga Kejari yang telah melaksanakannya, di antaranya Kejari Sidoarjo, Kejari Trenggalek dan Kejari Malang.

Langkah ini merupakan upaya pencegahan merebaknya Virus Corona (Covid-19). Pekan depan Kejari Surabaya dan Kejari Tanjung Perak baru akan menyusul. 

"Sisanya ada 33 Kejari yang lain hari ini baru koordinasi dengan Pengadilan, Polres dan Lapas setempat untuk persiapan sidang online minggu depan," kata Asintel Kejati Jawa Timur Bambang Gunawan, Sabtu, (28/3/2020).  

Berdasarkan laporan yang diterima Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum ada 14 Kejati yang sudah sudah menggelar sidang online hari ini, yaitu Kejati Papua Barat, Riau, Jawa Timur, DKI Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Aceh, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTT, dan Sulawesi Selatan. 

Dari Kejati Papua Barat, Kejari Fak-Fak dan Manokwari telah memanfaatkan teknologi dengan melaksanakan sidang online.

Lalu dari Riau, hari ini ada tujuh Kejari sudah sukses menggelar sidang online, yaitu Kejari Pelalawan, Dumai, Siak, Rokan Hulu, Bengkalis, Pekanbaru dan Kampar.

"Rata-rata hari ini ada dua sampai tiga perkara disidangkan di masing-masing Kejari. Khusus Kejari Siak ada tujuh perkara disidangkan online," kata Kajati Dr Mia Amiati.

Lalu dari wilayah Kejati Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini Kejari Gunung Kidul dan Bantul dan Wonosari telah melaksanakan sidang online.

"Minggu depan menyusul kejari Sleman, Yogyakarta, dan Kulonprogo segera melaksanakan sidang online," ujar Masyhudi, Kajati Yogyakarta.

Sementara itu di jajaran wilayah Kejati DKI Jakarta seluruh Kejari sudah menggelar sidang online.

"Diawali Kejari Jakarta Utara yang telah sidang mukai Selasa lalu, hari ini Kejari Jakarta Barat, Kejari Jakarta Selatan, Kejari Jakarta, Jakarta Pusat menggelar sidang online," jelas Wakajati DKI Jakarta Sarjono Turin.

Di Sumatera Selatan baru dua kejari, yaitu Kejari Ogan Ilir dan Kejari Ogan Kemering Ulu (OKU) yang hari ini melaksanakan sidang online.

"Sidang online di Sumsel benar-benar full social distancing. Karena masing-masing pihak di tempat terpisah. Jaksa sidang dari kantor Kejari, Majelis Hakim ada di Pengadilan Negeri dan Terdakwa berada di Rutan, " ujar Kajati Sumsel Wisnu Baroto.

Dari Kepulauan Riau Kejari Karimun yang sudah duluan sidang online.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved