Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami, Murah & Tanpa Tambahan Alkohol

Sulit mencari hand sanitizer di pasaran? Tak perlu khawatir, Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami, tanpa tambahan alkohol

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami, Murah & Tanpa Tambahan Alkohol
Kolase ist
Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami, Murah & Tanpa Tambahan Alkohol 

SURYA.co.id - Saat ini hand sanitizer merupakan salah satu benda yang sedang banyak diburu masyarakat.

Tak heran jika stok hand sanitizer di sejumlah toko makin menipis, bahkan sudah tidak tersedia dalam kurun beberapa hari terakhir. 

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab hand sanitizer juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran. 

Informasi mengenai cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami.

"Sebenarnya pembuatan hand sanitizer banyak digunakan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu mudah pembutannya, hanya masyarakat umum untuk mendapatkan bahan bakunya mungkin tidak mudah ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari.

Retno merasa tidak semua orang bisa menemukan etanol sehingga ia berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih. 

EKSTRAK LIDAH BUAYA - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa Cosmetology Study Group (KSM CSG) membuat hand sanitizer dari bahan ekstrak lidah buaya (Aloe Vera) di laboratorium Semi Solid Likuid, Kampus Tenggilis, Jumat (6/3). Kegiatan itu sebagai upaya preventiv pencegahan penyebaran virus Corona  (Covid 19) di sekitar kampus.
EKSTRAK LIDAH BUAYA - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa Cosmetology Study Group (KSM CSG) membuat hand sanitizer dari bahan ekstrak lidah buaya (Aloe Vera) di laboratorium Semi Solid Likuid, Kampus Tenggilis, Jumat (6/3). Kegiatan itu sebagai upaya preventiv pencegahan penyebaran virus Corona (Covid 19) di sekitar kampus. (surya.co.id/ahmad zaimul haq)

"Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

Retno pun menuturkan, ia menambahkan bahan lain pada penelitiannya itu sehingga hand sanitizer yang bisa digunakan semua orang.

Halaman
123
Penulis: Arum Puspita
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved