KFC Elementary School Games

Beri Ruang Agar Anak Tidak Jenuh Belajar

Orang tua harus bisa mengenali stres belajar pada anak. Ini bertujuan agar anak tidak terlalu merasa tertekan dengan kondisi yang sedang dihadapi.

DBL Indonesia
Penampilan silat dari siswa SDN Simo Mulyo 8 Surabaya di roadshow KFC Elementary School Games. Dalam event ini, anak diberi ruang untuk bereksplorasi di bidang non akademik. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Semakin tinggi tingkatan kelas anak, beban pelajaran yang harus dipahami juga semakin bertambah. Hal itu bisa menyebabkan tekanan pada anak.

Terlebih, jika orang tua terlalu menuntut untuk terus berprestasi di bidang akademik saja.

Orang tua harus bisa mengenali stres belajar pada anak. Ini bertujuan agar anak tidak terlalu merasa tertekan dengan kondisi yang sedang dihadapi. 

Biasanya, perubahan pada anak akan terlihat saat mereka mengalami stres belajar.

Misalnya, anak tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sekolah dengan baik seperti biasanya. Atau mungkin anak yang biasanya bersemangat, nampak lesu saat mengalami stres belajar.

Nah, agar stres belajar tak membawa dampak buruk pada anak, orang tua harus dapat mengatasinya dengan baik.  

Peran orang tua sangat penting agar anak bisa menuangkan hal-hal yang membuat mereka tidak tenang.

Sebenarnya, anak-anak usia 7-12 tahun butuh didengarkan, lho. Coba dengarkan mereka dengan penuh perhatian, kesabaran, keterbukaan, dan perhatian.

Jangan menyalahkan anak saat nilai mereka menurun, atau mengatakan apa yang menurut orang tua seharusnya dilakukan oleh anak.

Menurut Afif Kurniawan, sport psychology yang berdomisili di Surabaya, mengatakan bahwa anak usia 7-12 tahun memang butuh treatment yang khusus. Sebab, di fase inilah karakter mereka terbentuk oleh faktor lingkungan. 

“Jadilah pendengar yang baik untuk anak, agar mereka merasa nyaman untuk menceritakan semua masalah yang menyangkut persoalan. Terlebih tentang Sekolahnya,” ujarnya. Banyak anak-anak yang sulit untuk menggambarkan kondisi kecemasan mereka pada saat sedang mengalami tekanan.

Nah, salah satu cara agar anak tidak stres dalam belajar adalah memberikan mereka ruang untuk bereksplorasi. Apalagi mengikut sertakan anak dengan kegiatan-kegiatan favorit mereka.

Misalnya bermain sambil belajar, atau bergabung dalam kompetisi olahraga kesukaannya.

Pada 12-15 Maret mendatang, KFC Elementary School Games hadir dengan konsep olimpiade sport and entertainment.

Tujuannya, untuk membentuk karakter anak lewat olahraga dan mengembangkan bakat seni anak tingkat Sekolah Dasar. Yuk datang dan ramaikan Grand City Convex Surabaya dan dapatkan pengalaman yang tidak terlupakan untuk anak. (*)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved