Sambang Kampung

Warga RW 12 Medokan Ayu Surabaya Donasikan Buku Untuk Lengkapi Koleksi Taman Baca

Balai RW 12 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut bukan hanya sekedar ruang aktivitas posyandu.

Warga RW 12 Medokan Ayu Surabaya Donasikan Buku Untuk Lengkapi Koleksi Taman Baca
surya.co.id/ahmad zaimul haq
TINGKATKAN MINAT BACA - Balai RW 12 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut yang juga dilengkapi taman baca dengan sekitar 1.500 buku, warga memiliki beragam buku bacaan sesuai usianya dan bertujuan meningkatkan minat baca khususnya anak-anak. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Balai RW 12 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut bukan hanya sekedar ruang aktivitas posyandu. Berbagai kegiatan warga juga kerap dilakukan di fasilitas umum kampung ini.

Bahkan balai RW ini juga menjadi taman baca bagi warga. Khususnya anak-anak di kampung yang kerap bermain bergerombol.

Suyanto, Ketua RW 12 menjelaskan upaya meningkatkan minat baca warga sejak usia dini akhirnya membuat warga mengubah balai RW sebagi taman baca.

"Sebagian koleksi buku sumbangan. Sebagian lagi dari warga, bahkan rak dan dekorasi juga kami dapat sumbangan,"ujarnya.

Dengan sekitar 1.500 buku, warga memiliki beragam buku bacaan sesuai usianya. Dan untuk mengurangi kebosanan tidak semua buku dipajang, sehingga setiap minggunya buku yang terpajang bisa diganti.

Karena ingin bisa dimanfaatkan seluas-luasnya, taman baca ini dibuka mulai pagi hingga sore. Dengan harapan anak-ank yng belum sekolah atau ibu-ibu rumah tangga bisa memanfatkan fasilitas di taman baca.

"Sejauh ini dikelola sepenuhnya oleh warga. Tapi rencana kami juga mau minta bantuan petugas perpustakaan untuk menjaga,"lanjutnya.

Diharapkannya dengan adanya petugas di taman baca, maka akan ada aktivitas yang lebih bermanfaat. Seperti belajar bersama atau mendongeng.

Reni, warga kampung mengungkapkan saat senggang ibu-ibu di kampung ini kerap mengajak anaknya bermain di luar rumah. Sehingga keberadaan taman baca sangat membantu aktivitas warga dalam mengasuh anak.

"Jadi anak-anak bisa dikurangi screentimenya sama gadget atau televisi. Mereka bisa main-main di taman baca sambil lihat-lihat buku meskipun belum bisa baca,"paparnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved