Reaksi Keras Mahfud MD Minta Usir Kapal China dari Laut Natuna, TNI Kerahkan Angkatan Perangnya

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohamad Mahfud MD memberikan reaksi keras terhadap masuknya kapal China ke wilayah Natuna

Kolase KOMPAS.COM/ANDI HARTIK dan Kompas TV
Reaksi Keras Mahfud MD Minta Usir Kapal China dari Laut Natuna, TNI Kerahkan Angkatan Perangnya 

SURYA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohamad Mahfud MD memberikan reaksi keras terhadap masuknya kapal asing asal China ke wilayah perairan Natuna

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Dies Natalis Universitas Brawijaya (UB) ke-57 di Kampus Universitas Brawijaya (UB), Minggu (5/1/2020)

Seperti diketahui, kapal coast guard China sempat memasuki perairan Natuna dan berhasil diusir oleh kapal perang KRI Tjiptadi 381 pada Senin (30/12/2019)

Menanggapi peristiwa itu, Mahfud MD menyampaikan tidak ada negosiasi atas kasus tersebut.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD saat menghadiri Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-57, Minggu (5/1/2020).
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD saat menghadiri Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-57, Minggu (5/1/2020). (KOMPAS.COM/ANDI HARTIK)

Sebab menurut dia, wilayah perairan Natuna yang ada di Kepulauan Riau mutlak merupakan wilayah Indonesia.

"Indonesia tidak akan melakukan negosiasi dengan China," kata Mahfud seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Tak Ada Negosiasi, Mahfud MD Minta Pengusiran Kapal China dari Natuna'

"Karena kalau negosiasi berarti masalah bilateral dan ada konflik tentang perairan itu. Nah, perairan ini tidak ada konflik," ujar dia.

Menurut Mahfud, perairan Natuna sepenuhnya milik Indonesia berdasarkan konvensi internasional tentang laut dan perairan, yaitu UNCLOS tahun 1982.

Batas perairan Natuna yang dilanggar China merupakan Zona Ekonomi Ekslusif atau ZEE Indonesia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyatakan, China tidak pernah berkonflik dengan Indonesia soal perbatasan. China berkonflik dengan negara lain.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved