Breaking News:

Berita Surabaya

Nyaris Adu Fisik Anggota DPRD Surabaya dengan Satpol PP saat Tertiban PKL, Ini Kata PDIP

Ketua Fraksi PDIP DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri meminta lembaga Satpol PP Kota Surabaya lebih mementingkan kesantunan.

surya.co.id/nuraini faiq
Ketua Fraksi PDIP DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri meminta lembaga Satpol PP Kota Surabaya lebih mementingkan kesantunan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Fraksi PDIP DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri meminta lembaga Satpol PP Kota Surabaya lebih mementingkan kesantunan.

Hindari arogansi saat menertibkan para pedagang kaki lima (PKL).

Seperti saat menertibkan PKL yang berjualan di wilayah Genteng Sidomukti, Selasa (24/12/2019) kemarin.

"Sebaiknya mengedepankan koordinasi persuasif karena menyangkut urusan perut masyarakat kecil para PKL," kata Syaifudin atau Cak Ipuk, Kamis (26/12/2019).

Ipuk menyebut semestinya Satpol PP menghormati langkah anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PDIP, Anas Karno untuk membantu mencarikan solusi buat warga. 

Ipuk menegaskan, sikap yang diambil oleh anggota FPDIP Anas Karno hingga akan bentrok dengan Satpol PP adalah bentuk pertanggungjawaban yang bersangkutan sebagai wakil rakyat dalam menjalankan fungsi kontrol.

”Di PDIP, kami diajarkan untuk total dalam membela kepentingan wong cilik. Jangan sampai walau Satpol PP punya kewenangan tapi melupakan etika dan koordinasi yang benar. Bukannya saling adu kewenangan," tegas Ipuk.

Penertiban PKL samping Gedung Siola nyaris adu fisik antara Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno dengan anggota Satpol PP.

Anas mengacu pada hasil rapat di Komisi B yang melibatkan PKL dan Satpol PP pada November lalu, disepakati bahwa PKL boleh berjualan kembali jika kalau proyek pavingnisasi Jalan Genteng Sidomukti telah selesai. 

Syaratnya, PKL berjualan dengan menggunakan sarana tidak boleh permanen atau memakai gerobak, dan tidak menggangu jalan khususnya bagi mobil pemadam kebakaran.

Setelah pavingisasi rampung, sesuai komitmen dalam rapat, para PKL pun kembali berjualan.

Namun Satpol PP turun tangan menertibkan PKL. Anas pun menghalangi penertiban tersebut.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved