Berita Bojonegoro

Mengenal Festival Geopark Teksas Wonocolo, Wisata Alam Sumur Tua Minyak di Bojonegoro

Pemkab Bojonegoro menggalakkan wisata geopark (taman bumi, red) yang bertempat di Kecamatan Kedewan.

Mengenal Festival Geopark Teksas Wonocolo, Wisata Alam Sumur Tua Minyak di Bojonegoro
surya.co.id/m sudarsono
Atraksi warga di atas sumur tua minyak Teksas Wonocolo, Bojonegoro, pada pembukaan festival geopark kedua.  

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Pemkab Bojonegoro menggalakkan wisata geopark (taman bumi, red) yang bertempat di Kecamatan Kedewan.

Wisata alam yang diberi nama Teksas Wonocolo ini mengangkat konsep sumur tua minyak.

Tujuannya adalah memberi perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengatakan, Festival Geopark Wonocolo 2019 ini bertujuan untuk memperkuat branding Geopark yang mencerminkan karakteristik pariwisata bumi Angling Dharma, agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

Dengan kerja sama memperkuat pelestarian khas di wilayah Kecamatan melalui sebuah event di tingkat Kabupaten, diharapkan mampu mengangkat potensi kecamatan yang memiliki keterbatasan dalam menampilkan kesenian lokal di wilayahnya.

"Harapannya pada festival geopark ke-dua Teksas Wonocolo ini dapat mengangkat potensi Kabupaten, serta memberi dampak bagi Kecamatan," ujarnya, Minggu (8/12/2019).

Budi menambahkan, sebagai warga Bojonegoro wajib bangga atas sumber daya alam minyak yang luar biasa, hingga tercetus wisata sumur tua minyak.

Festival Geopark dengan mengusung tema "Wonocolo Folklore Fiesta" atau cerita rakyat wonocolo ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengangkat wisata sumur tua

"Potensi ini memang lokalistik sekali, karena menyajikan wisata sumur tua minyak sejak diresmikan November 2017 silam," pungkasnya.

Pada Festival Geopark Ke-2 ini turut hadir Kepala OPD, Perwakilan ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL), Perwakilan BUMD,  Forkopimcam Kedewan, dan Kades Se-Kec Kedewan.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved