Seleb

VIDEO - Igun Pamer 15 Busana Paduan Batik & Tenun Jawa Timur dalam East Java Fashion Harmony 2019

"Saya dapatnya memang kain yang super bagus-bagus, semuanya sutra dengan harga Rp 5 juta sampai Rp 15 juta," ujar Ivan.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Desainer Ivan Gunawan bersama model memeragakan busana karyanya dalam East Java Fashion Harmony 2019 di Hotel Shangri-La, Kamis (21/11). Sejumlah desainer dari Jatim dan desainer tamu Ivan Gunawan menampilkan rancangan busana berbahan dasar batik untuk menunjukkan potensi batik dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

SURYA.co.id | SURABAYA - Desainer kondang Indonesia, Ivan Gunawan atau Igun, ikut memamerkan kreasi busananya dalam East Java Fashion Harmony 2019, Kamis (21/11/2019).

East Java Fashion Harmony 2019 merupakan helatan yang digelar pertama kalinya sebagai wadah eksplorasi dan mengenalkan keindahan kain batik dan Tenun Jawa Timur.

Di tengah enam desainer APPMI Jawa Timur yang ikut dalam East Java Fashion Harmony 2019, Ivan Gunawan hadir sebagai desainer tamu.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Shangri-La Surabaya itu, Ivan menampilkan 15 koleksinya yang merupakan paduan dari batik dan tenun Jawa Timur.

Dari Pemerintah Daerah Jawa Timur, ia dipercaya untuk mengolah kain batik dari pengrajin Surabaya, Malang,Tulungagung, dan Pamekasan. Sementara kain tenunnya, didapat dari pengrajin Kediri dan Lamongan.

"Landasan dari desan busana ini adalah semua bisa pakai batik. Karena saya berharap orang Indonesia ini nggak pakai batik cuma pas hari Jumat aja, tapi bisa juga untuk acara lainnya, cocktail party bisa, bahkan menjelma di event red carpet," ujar Ivan.

Untuk itu, kain wastra yang didapatnya itu, diolah menjadi busana yang lebih modern dengan look glamour. Di tangan Ivan, kain batik dan tenun dikreasikan menjadi pallazo, busana dengan layering.

Kain wastra dengan tone warna peach, kecolatan, ungu, dan abu-abu, dipadukannya dengan bahan lace dan brokat. Untuk memberikan kesan glamour, Ivan menjadikan aplikasi swarovski sebagai detail busananya.

"Jadi dengan material batik dan tenun, tapi modelnya sangat kekinian, nggak kaku, secara look dan model, sama sekali nggak ada kesan kedaerahan," papar Ivan.

Halaman
12
Penulis: Hefty's Suud
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved