Cktizen Reporter

Jogja Saat Perayaan Ulang tahun Sri Sultan Hamengkubuwono X

perayaan Selasa Wagen (Selasa Wage) yang merupakan hari ulang tahun Ngarsa Dalem, yakni Sri Sultan Hamengkubuwana

Jogja Saat Perayaan Ulang tahun Sri Sultan Hamengkubuwono X
ist/citizen reporter
Batik -Jogja Saat Perayaan Ulangtahun Sri Sultan Hamengkubuwana 

SURYA.co.id - Suasana berbeda tampak di Malioboro, Selasa (1/10/2019)

Jika biasanya tempat itu selalu dipadati wisatawan yang ingin berbelanja, kemarin Malioboro beristirahat dari rutinitasnya.

Hari itu bertepatan dengan perayaan Selasa Wagen (Selasa Wage) yang merupakan hari ulang tahun Ngarsa Dalem, yakni Sri Sultan Hamengkubuwana.

Kawasan Malioboro disulap menjadi area car free day dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang digelar di beberapa titik area.

Pengunjung pun bisa leluasa berjalan di Malioboro sembari menyaksikan pertujukan-pertunjukan seperti barongsai, campursari, desa budaya, ekspose sejarah, gelar museum sandi, dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu lokasi yang cukup menjadi pusat perhatian pengunjung adalah area depan Monumen Serangan Umum 1 Maret tempat digelarnya pertunjukan desa budaya.

Desa budaya merupakan kumpulan desa atau kelurahan di DIY yang fokus utamanya adalah mengembangkan potensi masyarakat di bidang adat dan budaya Jawa.

Desa budaya kali pertama dibentuk pada 2005.

Saat ini ada 56 desa yang sudah menjadi bagian dari desa budaya yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Setiap memperingati Selasa Wage, desa budaya selalu mementaskan potensi unggul masyarakat desa seperti tarian Jawa, kuda lumping, gamelan, dan lain-lain.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved